Wednesday, 05 August 2020

9000 Onthelis Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1216

onthel 2

Salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1216 adalah Ngonthel Bareng jelajah desa di Desa Sumberjo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Acara yang digelar pada Minggu (15/3) ini diikuti oleh sekitar 9000 lebih onthelis dari Jawa, Bali dan Kalimantan. Sebelum peserta diberangkatkan oleh Wakil Bupati Kediri Drs. Masykuri dan Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, digelar upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati.

Beragam sepeda tua yang turut dibawa peserta sudah ada sejak zaman penjajahan dan masih digunakan oleh masyarakat sampai sekarang. Bahkan saat ini banyak komunitas sepeda tua yang tumbuh di masyarakat. Sebagai ajang olah raga dan silahturahim, Pemerintah Kabupaten Kediri memfasilitasi acara ini.

Ngonthel bareng ini adalah sarana berolahraga untuk membuat sehat dan menguatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka bisa mencegah virus masuk tubuh, termasuk virus corona. Selain itu kegiatan ini sekaligus untuk melestarikan budaya.

onthel 1

Rute yang ditempuh oleh peserta sejauh 19 Km dengan melintasi jalanan di pedesaan yang sangat asri dan sejuk. Berbagai kostum nyentrik atau kostum jadul digunakan oleh peserta untuk menarik perhatian masyarakat dan untuk meraih nominasi. Karena selain memperlombakan kelas perorangan dan kelompok, panitia juga menyediakan hadiah bagi peserta dengan kostum terbaik.

Menurut Wabup Kediri, Pemkab Kediri mendukung penuh upaya berbagai komunitas termasuk Kosti untuk menggelar kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri. “Tidak hanya menyehatkan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar penggemar sepeda tua di nusantara. Yang tak kalah penting, ini juga menjadi event promosi Kabupaten Kediri,” terang Wabup.

onthel 3

Sementara itu, Muji Harjito selaku penyelenggara mengatakan, kegiatan ini mengajarkan hidup sehat kepada masyarakat agar lebih giat berolahraga. Karena dengan olahraga maka tubuh akan tahan terhadap serangan penyakit, terlebih saat ini virus korona atau covid 19 sedang mewabah. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner