Thursday, 09 April 2020

SKD CPNS Kab Kediri Usai Digelar

skd14 1

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CPNS tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Kediri usai digelar. Selama lima hari, mulai 10 Februari 2020, ribuan CPNS mengikuti SKD yang dipusatkan di Basement Monumen SLG. Dari total 6.702 pelamar CPNS yang dijadwalkan mengikuti SKD, terdapat 6.341 peserta yang hadir. Sisanya, 341 orang tidak hadir untuk mengikuti SKD.

Jumat, 14 Februari 2020, pelaksanaan SKD memasuki hari kelima atau hari terakhir. Sebanyak 1382 peserta CPNS dijadwalkan mengikuti SKD yang terbagi menjadi lima sesi ini. Sesi pertama dimulai pukul 8 pagi dan sesi terakhir pukul 18.30 WIB.

Seluruh peserta SKD diminta hadir di area Convention Hall 90 menit sebelum pelaksanaan tes. Dengan berpakaian hitam putih, seluruh peserta terlihat tertib mengikuti alur yang ditentukan. Mulai dari verifikasi validasi kelengkapan pelamar, mengisi lembar absensi dan mendapatkan PIN untuk mengerjakan CAT, menitipkan barang serta pemeriksaan manual dan metal detector.

skd14 2

Tes SKD terdiri dari 100 soal yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 35 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Untuk bisa lulus SKD, para peserta harus melampaui nilai ambang batas (passing grade), yaitu 65 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 126 untuk TKP. Setiap jawaban yang benar akan mendapat skor 5 (lima) dan yang salah/tidak menjawab mendapat nilai 0 (nol).

Ditemui di area Convention Hall, Wahana, SH, MM, selaku koordinator lokasi SKD Kediri mengatakan, pelaksanaan SKD di Kabupaten Kediri berjalan lancar berkat kerjasama Panselda dengan Tim CAT BKN.

“Kendala sedikit sekali, mungkin lebih karena faktor cuaca yang sering hujan. Peserta sangat antusias, ini terlihat dari kehadiran mereka. Rata-rata yang tidak hadir di setiap sesi antara 4-5%. Yang hadir pun terlihat happy mengikuti tes disini,” terangnya.

skd14 3

Usai pelaksanaan SKD, bagi peserta yang lolos passing grade dan memenuhi tiga kali kuota formasi bisa melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sementara itu mulai tanggal 15 – 27 Februari 2020 mendatang di Basement Monumen SLG ini pula akan digelar tes SKD untuk CPNS Kota Kediri, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. (Kominfo/tee,fz,rx,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner