Friday, 28 February 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Gempolan Ikuti Verifikasi LBS Tingkat Prov. Jawa Timur

lbs 2

Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, Kabupaten Kediri mengikutsertakan Desa Gempolan Kecamatan Gurah untuk mengikuti lomba dalam kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Jawa Timur.

Dengan keikutsertaan Desa Gempolan, Rabu (8/1/20) Tim Verifikasi Penilaian Lapangan dari Provinsi Jawa Timur meninjau lokasi yang diikutkan dalam lomba tersebut. Tim berjumlah 5 orang diketuai oleh drg. Cristinariratih, Sp. KGH. Kedatangan Tim Verifikasi disambut hangat oleh Ketua TP PKK Kab. Kediri Hj. Rosyidah Masykuri serta Kepala OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, DP2KBP3A serta camat Gurah.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kab. Kediri Rosyida Masykuri memberikan sambutan selamat datang,  teriring harapan tahun ini  Desa Gempolan bisa lolos verifikasi lomba dalam kategori LBS.

lbs 1

“Inilah Desa Gempolan dengan berbagai potensi yang dimilikinya. Setelah sekitar 2 minggu lalu kita verifikasi, desa ini merupakan yang terbaik di tingkat kabupaten. Ini semua asli tanpa dibuat-dibuat, desa ini memang selalu menjaga lingkungannya agar menjadi bersih dan sehat. Jika nanti meninjau lokasi LBS, bisa kita lihat bahwa warga desa selalu menjaga kebersihan lingkungannya,” jelas Ketua TP PKK.

Setelah penyambutan di Balai Desa Gempolan, Tim Verifikasi menuju lokasi yaitu rumah Jazuli di Dusun Popongan Desa Gempolan dan Yunita Irma Safitri, Kepala Dusun Popongan.  Ditemui usai acara, Ketua Tim Verifikasi drg. Cristinariratih, Sp. KGH mengatakan, tugas tim adalah mencocokan apakah kondisi Desa Gempolan ini sesuai dengan berkas-berkas yang dikirim. Ada 4 kategori yang dilombakan yaitu Posyandu, LBS, PHBS dan KB.

“Untuk itu kami melakukan verifikasi, terjun langsung ke lapangan melihat kondisi lingkungan disini dan faktor-faktor pendukungnya. Setelah kami lihat langsung, ternyata desa ini memang memiliki potensi yang luar biasa. Hanya butuh motivasi untuk terus berkembang.,” katanya.

lbs 3

Sementara itu Masnatun, Ketua TP PKK Desa Gempolan mengatakan sangat senang Desa Gempolan bisa ikut verifikasi tingkat Jawa Timur. “Hal ini akan menumbuhkan sikap sadar lingkungan bagi warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Dengan kita hidup bersih, maka tubuh kita akan selalu sehat bebas dari berbagai macam penyakit seperti demam berdarah yang datang di musim hujan,”pungkas Masnatun. (Kominfo/lks,dn,tj,wk)

banner