Wednesday, 03 June 2020

Bekali Pengelola Desa Wisata Dengan Materi Pembuatan Video

pelatihan 1

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kominfo melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengembangan jaringan Kelompok Informasi Masyarakat, Selasa, (3/12/19). Pembinaan kali ini mengambil tema pelatihan kreasi visual dan diikuti pengelola desa wisata di Kabupaten Kediri.

Pelatihan kreasi visual ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam mengemas desa wisata melalui kreasi visual, atau video. Mengawali kegiatan, Kasi Kehumasan Dinas Kominfo, Sutarja menyampaikan bahwa sektor wisata menjadi suatu potensi yang harus dikembangkan. Keberadaan KIM ini sangat berperan penting untuk menyebarkan informasi tentang potensi wisata yang ada di desanya.

pelatihan 2

Peserta pembinaan kali adalah pengelola desa wisata. Para peserta diberi materi tentang pembuatan video desa wisata yang disampaikan oleh narasumber handal dari RCTI, yakni Teguh Gunawan. Ia menyampaikan cara pembuatan video mulai dari dasar. Menurutnya ada beberapa tahap pra pembuatan video yang harus dilakukan agar pembuatan video lebih matang, yaitu ide cerita, naskah, story board, cari informasi data, persiapan peralatan dan timeline produksi.

 

Tidak hanya menyampaikan materi, Teguh Gunawan juga menayangkan beberapa contoh video karyanya. Selain itu, ia juga memberikan review kepada beberapa video desa wisata karya peserta Hal tersebut bisa menjadi evaluasi agar nantinya video yang dihasilkan akan lebih baik dan menarik.

pelatihan 3

Usai penyelenggaraan pelatihan, rencanya akan dilanjutkan dengan lomba pembuatan video desa wisata yang akan dilaksanakan di akhir bulan ini. Berbagai hadiah menarik pun disediakan bagi para pemenang untuk semakin menggugah minat peserta. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peran pengelola desa wisata dalam mengolah dan mengembangkan desa wisata agar semakin maju dan mandiri. (Kominfo/daw,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner