Saturday, 25 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Gubernur Jawa Timur Khofifah Serahkan DIPA TA 2020

dipa 1

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 untuk kabupaten/kota di Jatim.

DIPA tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam acara Rapat Koordinasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mensukseskan Lima Prioritas Pembangunan Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Penyerahan DIPA Tahun Anggaran (TA) 2020, di Convex Grand City Surabaya, Jumat (22/11).

Kegiatan rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menguatkan sinergi antar jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah tingkat provinsi hingga kecamatan, serta unsur lainnya terkait lima prioritas pembangunan nasional untuk menuju Indonesia Maju.

Rapat dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah meminta para bupati dan walikota untuk memastikan DIPA tersampaikan kepada penerima manfaat.

"Ini seperti beberapa kali disampaikan oleh Presiden. Pastikan DIPA maupun dana desa sampai pada penerima manfaat. Tidak hanya terkirim, tetapi sampai kepada penerima manfaat. Diumpamakan jika kita mengirim pesan WA (WhatsApp) bukan hanya sent saja, tapi harus delivered pada penerima," ujar Khofifah.

dipa 2

Khofifah mengatakan, penyerahan DIPA kepada bupati/wali kota ini juga disertai transfer alokasi dana yang harus sampai ke desa. Total Dana Alokasi Khusus (DAK) dan alokasi dana transfer daerah dan desa se-Jatim mencapai Rp 79,31 triliun. DIPA itu diberikan untuk menjalankan program prioritas pembangunan nasional 2019-2024 untuk mewujudkan Indonesia Maju pada tahun 2045.

Ada lima program prioritas Presiden Jokowi yang ditekankan dalam lima tahun ke depan. Yaitu mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, penyederhanaan regulasi dan peraturan perundangan, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Khofifah mengatakan, rakor bertajuk Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah itu merupakan sarana untuk membangun sinergitas sekaligus bisa mem-break down program prioritas nasional yang disampikan Presiden RI Jokowi saat rakornas di Sentul, Bogor, Rabu (13/11) lalu.

Masing-masing daerah diharapkan melakukan tindak lanjut rakornas tersebut. "Ini penting untuk memberseiringkan seluruh program nasional dengan program yang dimiliki provinsi, maupun kabupaten/kota sampai tingkat desa dan kelurahan. Agar seluruh program nyambung dari pemerintah pusat sampai desa," kata Khofifah.

dipa 3

Selain menyerahkan DIPA, Gubernur Khofifah juga menyerahkan penghargaan tentang indikator kinerja pelaksanaan anggaran, laporan keuangan dan kredit usaha rakyat serta melakukan penandatanganan Komitmen atau MoU Pencananganan Gerakan Jawa Timur Menabung. Dengan satu siswa satu akun atau One Student One Account. (Kominfo/dn,yd,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner