Saturday, 14 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kembangkan Diri Sebagai Generasi Berencana Melalui PIK-Remaja

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggelar acara temu Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Acara tersebut digelar di depan terminal Dinas Perhubungan Kab. Kediri, kawasan Simpang Lima Gumul, Jum’at (15/11).

pik-R 1

PIK-Remaja meruapakan suatu wadah kegiatan Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja. Adapun tujuan umum dari PIK-remaja adalah untuk memberikan informasi PKBR, pendewasaan usia perkawinan, ketrampilan hidup (life skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR.

Turut hadir dalam acara ini Plt. Kepala DP2KBP3A, dr. Nurwulan Andadari, perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri, Kemenag, pembina serta 120 kelompok PIK-Remaja SMP/SMA se-Kabupaten Kediri.

dr. Nurwulan Andadari menjelaskan, Temu PIK-Remaja merupakan kegiatan rutin setiap tahun. ”Sebelumnya telah diselenggarakan lomba di tingkat SMA dan SMP, dan hari ini adalah puncak rangkaian kegiatan untuk saling berbagi pengalaman dan berbagi keceriaan di acara temu PIK remaja,” jelasnya.

pik-R 2

Kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengajak anak remaja mengenali passion atau potensi dirinya sendiri. Dengan potensi yang dimiliki, dapat menjadi bekal mereka untuk mengembangkan diri mereka dimasa mendatang sebagai generasi berencana.

“Kami berharap anak-anak remaja Kabupaten Kediri menjadi generasi yang mampu merencanakan masa depan, mengenali potensi diri sendiri serta mampu menyiapkan cita-citanya. Sehingga mereka akan menjadi generasi yang ikut mengambil peran dalam pembangunan Kabupaten Kediri dan Indonesia secara keseluruhan,” tambah dr. Nurwulan Andadari.

Ditemui di sela-sela acara, Ketua Umum Insan Genre (Ikatan Satuan Generasi Berencana) Jawa Timur, Imam Haydar mengatakan, kegiatan ini merupakan pokok program genre untuk memberikan kegiatan yang bercita rasa remaja dan bernuansa remaja.

pik-R 3

Selain dapat mempererat antar kelompok PIK remaja, kegiatan ini juga dapat menghasilkan kolaborasi dan karya bersama. “Kegiatan ini bermanfaat untuk memunculkan ide-ide baru setelah berkumpulnya antar kelompok PIK-Remaja se-Kab. Kediri, yang nantinya bisa diterapkan di kelompok PIK remaja masing -masing,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan jalan santai yang diberangkatkan langsung oleh dr. Nurwulan Andadari serta penyerahan tropy kepada para pemenang lomba PIK-Remaja. (Kominfo/dn,lks,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner