Thursday, 23 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tetap Nomor 3, Persatuan Indonesia

Semarak pesta demokrasi tingkat desa secara serentak dilaksanakan di Kabupaten Kediri. Hari Rabu, (30/10) sebanyak 650 calon kades berpartisipasi pada pemilihan kepala desa (Pilkades) 2019 yang tersebar di 254 desa di 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri.

kepung 1

Salah satunya pilkades yang dilaksanakan di Desa Kepung Kecamatan Kepung. Disini terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 12.320 orang dari 11 dusun, yaitu dusun Kepung Timur, Kepung Barat, Kepung Tengah, Purworejo, Karangdinoyo, Jatimulyo, Sukorejo, Krembangan, Sumber Pancur, Sumber Gayam, dan Dusun Karangan.

Pilkades di Desa Kepung terdapat 2 calon, salah satunya no 1 merupakan petahana. Dimulai pukul 08.00 WIB, ribuan warga sudah mulai mengantri di lokasi tempat pemungutan suara di balai Desa Kepung. Pemungutan suara terakhir dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Para warga Desa Kepung sangat antusias pada perhelatahan pilkades tahun 2019 ini. Camat Kepung Nur Said, SE mengatakan sosialisasi sudah dilaksanakan oleh panitia di setiap dusun di Desa Kepung. “Jadi kalau tidak hadir eman-eman,” jelasnya.

kepung 2

Walaupun antrian panjang dan ribuan warga hadir namun pelaksanaan Pilkades berjalan lancar. Nur Said, SE menambahkan, kartu pemilih sudah menggunakan system barcode.

Metode ini sangat efektif dan sangat cepat, mulai saat antri hingga pada pengecekan identitas. DPT langsung terdata di komputer. Ini merupakan penggunaan teknologi yang tepat guna sehingga sangat bermanfaat,” katanya.

Panitia pun memfasilitasi dan memprioritaskan pemilih lansia, ibu hamil, ibu menyusui serta disabilitas. Untuk mereka terdapat jalur khusus menuju pintu masuk tempat pemilihan suara, jadi tidak perlu antri dan agar tidak berjubel. Mereka langsung didata dan bisa segera menyalurkan suaranya,” tambah Nur Said.

Usai pemungutan suara selanjutnya dilaksanakan perhitungan hingga malam hari karena jumlahnya mencapai ribuan. Ketua Panitia Yunus Priyambodo, Spd. mengatakan, dari penghitungan suara, Cakades no 2 terpilih menjadi Kades Kepung.

kepung 3

“Berhasil meraih suara terbanyak adalah Ida calon no 2, dengan jumlah suara 5204. Sedangkan calon no 1, yaitu Yahudi, memperoleh 4168 suara, selisih 1036. Dari 12320 DPT, yang hadir untuk menyampaikan suaranya sebanyak 9547 orang, yang tidak hadir 2773 orang. Dan kartu suara yang sah sebanyak 9372 serta yang tidak sah sebanyak 175 suara,” urai Yunus.

Yunus berpesan kepada warga untuk tetap damai dan kondusif. “Ingat pesan Pak Yahudi maupun Bu Ida, tidak ada nomor 1 maupun nomor 2. Adanya nomor tiga yaitu Persatuan Indonesia,” tegas Yunus. (Kominfo/dn,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner