Saturday, 14 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Gratis Pembuatan Dokumen Satu Hari Jadi, Tepis Isu Adanya Pungli

Dalam meningkatkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri terus melakukan berbagai inovasi. Salah satunya pelayanan dokumen Satu Hari Jadi serta sistem antrian online melalui pesan pendek SMS. Berbagai inovasi ini juga menepis adanya isu pungli dalam pengurusan dokumen kependudukan.

sahaja 1

Inovasi pelayanan Satu Hari Jadi (Sahaja) telah diluncukan sejak awal 2019 silam. Dokumen administrasi kependudukan yang dilayani diantaranya pengurusan KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran maupun kematian, hingga pindah dokumen kependudukan. Layanan sehari jadi ini juga dibarengi oleh layanan daftar antre secara online yang dapat diakses melalui sistem pesan pendek SMS.

Layanan - layanan inovatif ini merupakan bukti untuk menepis adanya isu pungli dalam pengurusan dokumen kependudukan. Pasalnya dengan adanya sistem baru ini, masyarakat dapat dengan mudah dan cepat melakukan kepengurusan membuat dokumen kependudukan, sehingga diharapkan dapat langsung mengurus sendiri, tanpa melalui calo.

Imam, salah seorang warga yang mengurus dokumen mengaku senang dengan pelayanan ini. Dirinya mengurus Kartu Keluarga selesai dalam satu hari dan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Hal senada juga diungkapkan oleh Dewi. Ia mengurus dokumen KK dan KTP juga selesai dalam beberapa jam saja, tanpa dikenai biaya sama sekali.

sahaja 2

Sementara itu Noor Rokhayati, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Kediri menegaskan, bahwa dalam setiap pengurusan dokumen administrasi kependudukan tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan dalam pelayanan dokumen terdapat 4 titik lokasi, yakni di kantor Dispenduk Capil dengan keunggulan pelayanan Sahaja, pelayanan secara mobile di desa-desa setiap hari Senin hingga Kamis, dan untuk akte kelahiran dan akte kematian cukup pelayanan online melalui kantor desa setempat.

Noor Rokhayati menambahkan, guna mempercepat proses antrian, masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran secara online melalui pesan pendek sms di nomor 081 336 430 622. Melalui SMS tersebut, masyarakat akan mendapat balasan pesan yang berisi tanggal, hari dan jam untuk datang mendapatkan pelayanan, sehingga tidak perlu mengantri di Kantor Dispendukcapil. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner