Friday, 14 August 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

timB 1

Tim verifikasi lapangan Kabupaten Sehat tingkat nasional melakukan penilaian pada lima tatanan yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Tim yang diketuai Iwan Nefawan tersebut mengunjungi beberapa wilayah yang menjadi titik pantau guna melakukan penilaian dan kroscek secara langsung terhadap dokumen yang telah dikirimkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, (5/9).

Tahun ini Kabupaten Kediri mengajukan verifikasi Kabupaten Sehat dengan 5 tatanan, yaitu Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Sosial Sehat, dan Kawasan Ketahanan Pangan dan Gizi.

Tim verifikasi lapang dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama bertugas di Desa Ngablak Banyakan, SMPN 1 Pagu, Desa Tertek Pare dan Pasar Grosir Pare. Sedangkan tim kedua melakukan penilaian di Desa Sempu Kec. Ngancar, Pondok Pesantren Al-Gozali Duwet Wates dan Wisata Alam Sumber Sugihwaras di Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih.

timB 2

Di setiap titik yang dinilai, tim verifikasi mendengarkan paparan dari tiap lokasi yang dikunjungi. Di Desa Sempu misalnya, Iwan Nepawan dari Kementerian Kesehatan bersama timnya mendengarkan paparan dari Kades Sempu Eko Suroso yang menjelaskan bahwa desanya telah berhasil membuat terobosan dalam hal penanggulangan bencana Gunung Kelud. Pada bencana letusan tahun 2014 kemarin zero korban atau tidak ada korban sama sekal. Sinergitas terbangun dengan baik, termasuk dengan radio komunitas yang setiap hari mengabarkan kondisi Desa Sempu dan sekitarnya.

Sementara itu di Ponpes Al-Gozali Duwet Wates, tim mendengarkan paparan dari pengasuh pondok, KH. Minhajjudin. Tidak hanya sebagai tempat menimba ilmu agama, Ponpes Al-Gozali juga sebagai tempat rehabilitasi bagi orang gangguan jiwa, baik murni gangguan jiwa atau karena pemakaian narkoba. Dengan pengalaman dan penerapan ilmu yang dimiliki, mampu menyembuhkan, dimana setiap pasien yang datang bisa pulang dalam keadaan normal dan sehat.

timB 3

Dari hasil kunjungan ke beberapa titik pantau, tim menyampaikan bahwa setiap titik tatanan telah berhasil membuat inovasi-inovasi untuk menunjang Kabupaten Sehat. Semoga dengan penilaian tersebut Kabupaten Kediri dapat meraih penghargaan tingkat nasional yaitu Swasti Saba Wistara. (Kominfo/lks,rx,tee,wk)

banner