Tuesday, 12 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Biasakan Anak Makan Daging, Telur dan Minum Susu

lombaanak 1

Kontes Ternak dan Gebyar Panen Pedet kembali digelar. Even tahunan yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakaan (DKPP) Kabupaten Kediri ini berlangsung dua hari, Sabtu – Minggu, tanggal 3 – 4 Agustus 2019 di Lapangan SMKN 1 Plosoklaten.

Di hari pertama, Sabtu (3/8), dilaksanakan pula lomba mencocokkan gambar untuk murid PAUD, lomba kolase untuk TK dan lomba menggambar hewan ternak untuk siswa SD. Bekerjasama dengan Himpaudi, IGTKI dan K3S SD, kegiatan ini digelar di Aula SMKN 1 Plosoklaten.

lombaanak 2

Sebelum acara dimulai, anak-anak diajak untuk makan daging ayam dan minum susu terlebih dahulu. Ini adalah bagian dari sosialisasi gemar minum susu dan makan produk peternakan. Kegiatan tersebut menekankan pada pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi melalui protein hewani dan juga peningkatan pengolahan produk peternakan yang ada di Kabupaten Kediri.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti 150 siswa PAUD, 150 siswa TK dan 150 siswa SD se-Kecamatan Plosoklaten. Tampak antusias seluruh siswa mengikuti lomba yang dibagi dalam tiga kategori tersebut.

Miftahul Hadi, S.Pd, pengurus IGTKI Kabupaten Kediri menyampaikan, diselenggarakannya lomba dan sosialisasi ini adalah untuk mengkampanyekan pentingnya makan daging, telur dan minum susu untuk pemenuhan gizi pada anak. “Dengan terpenuhinya gizi anak, diharapkan dapat menurunkan angka stunting yang ada di Kabupaten Kediri. Selain itu juga agar anak mengurangi makanan siap saji dan terbiasa mengkonsumsi aneka produk peternakan, baik di rumah maupun di sekolah,” ungkapnya.

lombaanak 3

Sementara itu Imania Majid, Guru PAUD Smart Kidz Kecamatan Plosoklaten yang juga mendampingi anak didiknya, mengungkapkan harapannya agar kedepan lomba - lomba seperti ini bisa diadakan secara rutin. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan jiwa kompetitif anak serta melatih kecerdasan emosional dan kognitif mereka.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala DKPP drh. Tutik Purwaningsih menyampaikan, kegiatan lomba dan sosialisasi tersebut adalah bentuk support event Kontes Ternak dan Gebyar Panen Pedet. “Kami mengajak murid-murid PAUD, TK dan SD untuk tidak hanya mengenal hewan ternak, tapi juga terbiasa mengkonsumsi daging, telur dan susu. Semoga mampu mengedukasi pentingnya gizi yang didapat dari produk peternakan, khususnya yang ada di Kabupaten Kediri,” kata Kepala DKPP.

lomba 4

Sebagai informasi, juara 1 lomba mencocokkan gambar berhasil diraih Khoirun Nisak dari PAUD Roudhotus Sibyan, juara 1 lomba kolase diperoleh Rahma dari TK DW Punjul 3, dan juara 1 lomba menggambar diraih Bayu Widodo dari SDN Sumberagung IV. (Kominfo/vy,fz,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner