Wednesday, 20 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Mlancu Wakili Kabupaten Kediri Ikuti Pekan KIM Provinsi Jatim

kim 1

Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kembali digelar Dinas Kominfo Kab. Kediri pada 27 Juni 2019. Kali ini kegiatan diadakan di Balai Desa Mlancu Kecamatan Kandangan. Peserta yang hadir adalah warga Desa Mlancu, mulai dari kelompok tani, pelaku UMKM, dan Karang Taruna. Hadir pula Kepala Desa Mlancu, Sriono serta perwakilan Kecamatan Kandangan.

 

Di awal kegiatan, Kepala Desa Mlancu menyampaikan apresiasinya. Beliau sangat senang adanya kegiatan pembinaan dari Dinas Kominfo ini. “Harapan saya dengan adanya kegiatan ini harus benar-benar dimanfaatkan, apalagi Desa Mlancu memiliki banyak potensi seperti susu, durian dan masih banyak lagi,” katanya.

Selain masyarakat yang harus aktif dan memanfaatkan kegiatan ini, ia menegaskan para perangkat juga harus lebih meningkatkan kinerja untuk mengeksplore desa. Sehingga Desa Mlancu akan dikenal masyarakat luas dalam hal potensi dan penyebaran informasi.

kim 2

Senada dengan Kades Mlancu, mewakili Kadinas Kominfo, Kasi Kehumasan Sutarja SE. mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan SDM Desa Mlancu dalam mengembangkan potensi desanya. “Setelah adanya pembinaan ini, diharapkan ada tindak lanjut, karena Desa Mlancu rencananya nanti akan mengikuti Pekan KIM tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Kediri,” ucap Sutarja, SE.

Harapan tersebut didukung dengan penyampaian materi oleh Yulianto dari KIM Kalbu Kecamatan Ngasem. Ia menyampaikan tentang pengertian, fungsi, bagaimana mewujdukan KIM serta cara menjadi wirausahawan sukses. Penjelasan mengenai KIM ini bertujuan agar nantinya Desa Mlancu memiliki KIM yang mampu menyebarkan informasi tentang Desa Mlancu pada khalayak umum.

“Selain mampu menyebarkan informasi, kemampuan untuk mengolah potensi-potensi desa juga diperlukan. Terlebih dengan majunya teknologi informasi saat ini, kita bisa mengenalkan potensi tersebut lewat medsos, blog, maupun youtube,” ujar Yuli. Ia juga memaparkan tips sukses menjadi wirausahawan dengan hasil produk desanya sendiri. Mulai dari teknik berinovasi, memperluas pasar, dan meningkatkan kualitas produk.

kim 3

 

Terlihat para peserta sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, sesi tanya jawab juga dilaksanakan agar peserta lebih paham. Tidak terkecuali ada tiga peserta yang ditunjuk Kepala Desa untuk menjadi peserta lomba KIM nantinya. Usai acara, ketiga peserta tersebut berdiskusi bersama pemateri terkait potensi apa yang akan diangkat serta persiapan Pekan KIM di tingkat Provinsi. (Kominfo/daw,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner