Friday, 22 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cantiknya Tas Anyaman Nur Adanu Craft

tas 1

Kabupaten Kediri memang memiliki banyak produk UMKM, salah satunya kerajinan tangan. Produk-produk tersebut tidak hanya dipasarkan di tingkat nasional namun juga tembus tingkat internasional. Salah satunya yaitu produk tas anyaman dari Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. Produk tas berbahan dasar Strepingben ini tembus hingga negara Taiwan, Hongkong dan Malaysia untuk pemasarannya.

Tas-tas tersebut adalah buatan kelompok Nur Adanu Craft yang beranggotakaan 10 orang. Mereka membuat tas dari anyaman ini karena mengikuti berbagai pelatihan serta modal yang diberikan oleh desa. Sedikit demi sedikit mereka mampu menghasilkan tas anyaman hingga 50 tas dalam 1 bulan.

tas 2

Biasanya kita bisa menghasilkan 50 tas, kadang juga lebih sesuai dengan pesanan dan dikerjakan 10 orang,” ujar salah satu anggota (20/5). Selain membuat tas berwarna polos, mereka juga membuat motif sesuai dengan pesanan dengan seni dekobek (seni menggunting dan menempel). Banyak sekali motif yang diciptakan seperti bunga, kupu-kupu dan motif lain sesuai pesanan para pembeli.

Selain tas, saat ini mereka sudah menghasilkan berbagai produk seperti dompet dan hantaran yang juga terbuat dari anyaman. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 30.000 untuk ukuran kecil, Rp. 40.000 untuk ukuran sedang sedangkan Rp. 55.000 untuk ukuran besar.

Salah satu anggota kelompok Nur Adanu Craft memiliki harapan untuk kemajuan usaha tas anyaman ini. “Saya berharap tas ini dapat go internasional lagi. Pastinya kami akan membuat lebih banyak produk dengan keuletan dan kreasi kita,” tambahnya.

tas 3

Anda penasaran dengan tas-tas cantik ini? Silahkan mengunjungi akun Instagram @nuradanucraft, atau menghubungi nomor 085853668333. (Kominfo/daw,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner