Friday, 22 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Lampion Hias Khas Desa Adan-Adan

lampion 1

Anda pasti sudah tidak asing dengan lampion. Ya, lampion adalah sejenis lampu yang terbuat dari kertas atau rangka bambu terbalut kertas, dengan lilin di dalamnya. Sebagian masyarakat memasang lampion pada perayaan hari besar atau peringatan hari kemerdekaan. Namun saat ini, aneka warna dan bentuk lampion bisa kita jumpai di beberapa lokasi wisata.

Lampion ini juga yang menjadi produk unggulan masyarakat Adan-Adan, Kec. Gurah. Menurut pak Susanto sebagai salah satu pengrajin lampion, awal mula berdirinya UMKM lampion ini adalah saat peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018. Saat itu Pemerintah Desa Adan-Adan mengajak warganya untuk mengadakan pawai lampion.

lampion 2

Hal ini menarik perhatian dari Ibu Haryati Sutrisno selaku Bupati Kediri, sehingga diadakan pelatihan lampion dengan pemateri dari Malang. Inilah awal mula dimulainya usaha pembuatan lampion.

Keberadaan UMKM lampion di Desa Adan-Adan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan yang dikembangkan oleh warga, sehingga selain mendapat keuntungan dari segi ekonomi, UMKM ini bisa memperkenalkan potensi daerah di Kabupaten Kediri khususnya Desa Adan-adan.

Pak Susanto mengatakan, saat ini ada 30 orang pengrajin lampion. Pemasarannya pun telah merambah hingga luar daerah. “Harga dari lampion-lampion ini bervariasi, mulai dari Rp. 1 juta - Rp. 3 juta tergantung tingkat kerumitan pola lampion,” terang Pak Susanto, (23/4).

lampion 3

Bagi Anda yang berminat untuk memesan lampion-lampion cantik dari Desa Adan-Adan, bisa langsung menghubungi nomor 082335873999. (Kominfo/tan,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner