Saturday, 07 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nagoti, Bikin Rindu Kehidupan Desa

Nagoti. Nama makanan yang satu ini pasti belum banyak orang yang tahu. Nagoti adalah singkatan dari Nasi Goreng Tiwul. Makanan yang berbahan baku ketela ini dahulu kala menjadi makan pokok pengganti beras oleh masyarakat pedesaan utamanya di daerah sentra ketela.

Jaman semakin modern, makanan tradisional perlahan sedikit ditinggalkan oleh masyarakat yang beralih ke beras. Walaupun demikian tak sedikit pula masyarakat kota yang mencari makanan ini sembari nostalgia saat hidup di desa.

Di Kabupaten Kediri Nagoti masih banyak kita jumpai di daerah-daerah wisata seperti wisata alam Sumber Podang dan wisata air terjun Irenggolo serta Dholo Besuki. Jika kita memasuki desa wisata Sumber Podang sepanjang jalan berjajar warung-warung yang menjual makanan ini.

Warung disini membuat nagoti divariasikan dengan dicampur ikan teri dan sayuran segar. Untuk rasanya sendiri dijamin bikin ketagihan dan rindu kehidupan di desa. Sesuai dengan permintaan pembeli ada yang pedas dan tidak pedas.

nagoti 2

Seperti di warung bu Dewi, di tempat ini menyediakan nagoti yang dibandrol dengan harga 10 ribu per porsi. Selain nagoti, bu Dewi juga menjual beraneka macam menu makanan seperti penyetan, aneka sayuran dan lain-lain.

Bu Dewi mengatakan, setiap libur tiba banyak sekali wisatawan yang mampir ke warungnya dan yang dicari pasti Nagoti. Kata pengunjung yang mampir kesini, mereka sangat merindukan suasana pedesaan seperti ini sambil menikmati makanan tradisional tiwul goreng,” ujarnya.

Salah satu pengunjung yang mampir kesini adalah Sigit dari Jepara Jawa Tengah. Dia mengaku baru pertama kali menikmati nasi goreng tiwul.

nagoti 3

"Awalnya mendengar namanya saja sudah aneh dan karena penasaran saya ikut memesannya. Setelah saya rasakan ternyata enak banget rasa ikan terinya sangat khas,” kata Sigit.

Saya pasti akan mengajak teman-teman saya berkunjung ke wisata Sumber Podang Desa Joho Kec. Semen dan sekaligus menikmati makanan tradisonal Nagoti,” terang PNS di Pemkab Kediri ini. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner