Thursday, 14 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Dikemas Dalam Bentuk Festival Tumpeng, Mangga Podang Mampu Datangkan Wisatawan

Sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yaitu Mangga Podang. Buah ini sudah sangat familiar di daerah Kediri. Sebagai rasa syukur dan untuk mendorong serta mempromosikan Desa Tiron sebagai sentra penghasil Mangga Podang yang berkualitas, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri dan pemerintah Desa Tiron menyelenggarakan Festival Tumpeng Mangga Podang.

tahu

Festival ini digelar di halaman Balai Desa Tiron Kecamatan Banyakan (09/12). Masyarakat sangat antusias dengan acara ini, buktinya banyak pengunjung dari dalam maupun luar Desa Tiron berdatangan untuk sekedar melihat maupun ingin mendapatkan buah mangga podang yang ditata rapi menjadi tumpeng.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri drh. Munfarid, MM dan masyarakat dihibur dengan kesenian jaranan dan barong. Beliau menyampaikan tumpeng tersebut tingginya 3 meter dengan diameter 2,5 meter dan membutuhkan kurang lebih 4 ton mangga podang.

"Semoga tahun depan kita dapat menyuguhkan acara seperti ini dengan lebih baik lagi," harapnya.

Dengan acara Festival Tumpeng Mangga Podang dan dikemas dengan hiburan Kesenian Jaranan dan barong mampu mendatangkan banyak pengunjung dan wisatawan. Tampak para pengunjung sudah memenuhi tempat kegiatan walaupun acara belum dimulai.

Joko Supeno warga Desa Bulusari Tarokan yang datang bersama anaknya mengaku senang sekali bisa hadir dalam kegiatan ini.

”Dengan mengajak keluarga sekaligus juga memberikan edukasi bahwa di daerah kita ini merupakan sentra mangga podang. Mudah-mudahan kedepanya daerah Tiron khususnya dan Kec. Banyakan umunya, bisa dikenal lebih luas lagi sebagai sentra penghasil mangga podang yang manis dan berkualitas,” pungkasnya. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner