Thursday, 09 April 2020

Menikmati Dinginnya Besuki Kediri

Wisata Besuki terletak 18 km dari pusat Kota Kediri. Tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Jugo, Kabupaten Kediri yang dikenal dengan wisata air terjun Irenggolo dan air terjun Dholo. Bagi traveller yang suka menghirup udara segar pengunungan cocok sekali untuk mengunjungi tempat ini.

Kawasan Besuki yang terletak di bagian timur lereng Gunung Wilis, sering dikunjungi saat akhir pekan apalagi saat musim liburan tiba di mana banyak anak sekolah yang sering mengadakan aktivitas perkemahan di sini.

Akses menuju Besuki bisa dibilang cukup mudah. Dari arah selatan kita bisa lewat Mojo dan dari arah utara kita bisa lewat Semen. Jalanan khas pegunungan yang naik turun dengan tikungan tajam akan banyak kita lalui saat perjalanan menuju daerah wisata. Hamparan sawah hijau dan hutan pinus menambah serunya perjalanan.

Jalan yang lebar akan membuat kita lebih nyaman dalam berkendara. Namun hati-hati saat musim hujan karena jalan yang berkelok-kelok dapat menjadi licin tentunya. Jalanan ini juga dikenal rawan longsor. Di tengah perjalanan, jangan lupa mampir ke pengrajin kayu dan gazebo yang berkualitas baik, tidak masalah jika hanya ingin sekedar melihat.

Setelah kita masuk di pintu loket sekitar 1 km, kita akan sampai di gapura selamat datang air terjun Irenggolo. Di dekat area parkir merupakan lokasi perkemahan yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda dan acara api unggun saat malam hari. Mau mencoba?

Dari area parkir kendaraan, kita harus berjalan dulu sekitar 800 meter. Perjalanan ini tidak akan membosankan, meskipun sedikit capek namun akan terbayar dengan pemandangan alam yang begitu indah dan suara kicauan burung. Air terjun Irenggolo dengan tinggi sekitar 80 meter dengan bentuk bersaf-saf atau biasa disebut dengan trap berukuran mini mirip seperti anak tangga. Jadi jika kita ingin main air tidak terlalu berbahaya, mungkin hanya batu-batuannya yang sedikit licin.

Selain pemandangan khas pegunungan, kita juga bisa merasakan dinginnya suhu udara di Besuki. Fasilitas lain yang ada di kawasan air terjun Irenggolo seperti warung makan, mushola, kamar mandi juga sudah disediakan. Namun beberapa fasilitas lain seperti taman bermain anak dan kolam renang terlihat kurang terawat.

Tidak puas dengan pesona keindahan air terjun Irenggolo, kita bisa lanjut menikmati gemercik air terjun lain yang tidak kalah indah yaitu air terjun Dholo. Siapkan fisik yang kuat untuk menuju lokasi air terjun yang kedua ini, sebab kita harus menempuh kurang lebiih 990 anak tangga.

Tapi jangan khawatir, di beberapa titik banyak dijumpai warung-warung kecil yang bisa kita jadikan tempat untuk beristirahat. Di tengah perjalanan menuju air terjun, kita juga akan banyak menemukan penjual jenggriti. Jenggriti ini diubah menjadi kreasi yang lebih unik, seperti kalung, gelang, tasbih dan lainnya. Menarik bukan? Jenggriti ini biasa dijadikan cindera mata dan kenang-kenangan. Sesampai di air terjun dengan ketinggian 125 meter, pastikan kita bisa menikmati percikan dinginnya air asli pegunungan dengan debit air yang tidak terlalu deras.

Penginapan di kawasan Besuki menjadi pilihan yang cocok bagi keluarga yang ingin bermalam. Tidak sulit untuk menemukannya karena ada beberapa hotel/villa dengan lokasi strategis dan harga bersahabat yang dekat dengan air terjun Irenggolo. Pengunjung juga bisa menikmati kegiatan di area petik buah strawberry yang rasanya sangat enak dengan warna merah yang menarik pula.

Wisata Besuki juga menawarkan kita banyak hal lainnya. Salah satu yang khas dari kawasan ini adalah minuman secang yang diproduksi dari serbuk kayu dan bisa kita nikmati seperti teh celup, namun secang ini memiliki warna merah.

Produksi brambang dayang juga menjadi populer dan di daerah Besuki ini juga dikenal dengan sayuran organik segar, seperti sawi putih, seledri, mentimun, kubis dan masih banyak lainnya. Selain karena udaranya yang mendukung, banyak warga yang dibekali pelatihan agar bisa merawat tanamannya, baik untuk konsumsi sehari-hari atau untuk dipasarkan. Jadi tidak salah jika banyak kebun warga tumbuh subur dan hijau.

Warga Besuki yang dikenal sangat ramah juga banyak yang memproduksi susu sapi perah yang disetorkan ke Koperasi Sendang. Sayangnya, susu murni ini belum dapat diolah secara maksimal. Selain itu, Besuki juga mulai mempromosikan produk kopi dan tanaman jarak.

Menarik bukan jalan-jalan ke Besuki? Jika kalian masih ingin melanjutkan trip, masih banyak pilihan tempat lain yang bisa dikunjungi. Setelah mengunjungi wisata Besuki, jika kita kembali pulang ke arah utara, melewati Semen, kita bisa mampir ke Selopanggung. Di sini kita juga akan melewati alam yang asri. Selopanggung ini merupakan sebuah tempat penginapan yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dengan wilayah yang masih asri membuat kita merasa nyaman di sini.

Tidak jauh dari Selopanggung kita akan mengunjugi Sumberpodang dengan Kediri Waterpark yang dibuka sejak tanggal 18 Juni 2014. Kediri Waterpark merupakan wahana air terbesar di Jawa Timur dan memiliki water slide yang terpanjang se-Asia. Lokasinya di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Tidak perlu khawatir, akses ke Kediri Waterpark ini sangat mudah karena banyak petunjuk jalan yang bisa kita ikuti.

Kediri Waterpark menawarkan banyak fasilitas yang bisa kita nikmati. Wisata ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga, sanak saudara maupun dengan sahabat. Selain wahana air water slide dengan panjang 206 meter dan 205 meter, area wisata dengan luas 6 hektar ini dilengkapi dengan wahana non air seperti cinema 5D, komedi putar, sepeda terbang, ontang-ontang, gokart, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Masih di desa wisata Sumberpodang, jangan sampai kelewatan mengunjungi Cafe WOW. Cafe ini didesain menyatu dengan alam dan di sini kita bisa melihat hamparan sawah hijau yang luas dan aliran sungai. Menu yang disajikan tidak seperti cafe pada umumnya dengan harga relatif mahal namun hanya menu sederhana seperti mie goreng dan wedang yang disajikan dengan cepat.

Selain itu juga ingin mencoba kuliner yang lain boleh dicoba masakan tradisonal seperti nasi goreng tiwul dan dan nasi goreng ampok. Dilengkapi pula dengan fasilitas outbond, river tubing, tracking, dan sepeda down hill. Potensi alam ini juga menawarkan kita untuk melihat pusat ternak lebah madu. Selain kita bisa belajar bagaimana cara memproduksi madu, di sini juga menjual berbagai macam madu dengan harga grosir.

Nah, nggak rugikan jalan-jalan di Kediri?