Wednesday, 13 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Wisata Dukuh

  • Letak Geografis

Kabupaten Kediri memiliki luas wilayah 963,21 km2 diantara wilayah tersebut terdapat beberapa tempat wisata salah satunya adalah Sumber Mata Air “Sugih Waras” yang terletak di Desa dukuh, Kec. Ngadiluwih, Kab. Kediri, berada sekitar 12 km sebelah selatan kota kediri menuju kearah kota Tulungagung dan kota Blitar, memiliki udara yang sejuk dengan banyaknya pohon rindang.

  • Historis

sugihwaras dukuhKeberadaan sumber mata air yang membuat lingkungan ini semakin terasa alami, daerah ini adalah salah satu obyek wisata yang ada di Jawa Timur, adanya sebuah sumber mata air yang sangat berpotensi dan apabila dilakukan beberapa langkah pengembangan dengan benar maka akan menjadikan daerah ini sebagai daerah wisata yang akan menarik minat wisatawan.

 

Potensi ini muncul 3 tahun yang lalu, tepatnya Th. 2012 dengan terbentuknya kelompok masyarakat yang menamakan dirinya sebagai Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan, upayanya untuk meningkatkan potensi lingkungan sumber mata air ”Sugih Waras” yang semula tidak terlihat oleh warga masyarakat desa Dukuh ini sendiri dapat memberikandampak positif terhadap pengembangan sumber daya alam dan juga sumber daya masyarakat. Kegiatan – kegiatan sosial yang menunjang pembangunan area sumber mata air “Sugih Waras” diantaranya melakukan penanaman pohon /penghijauan, melakukan penanggulangan longsor dengan membangun kembali tanggul pembatas air yang roboh pada waktu itu tepatnya 10 Januari 2014, menjaga keasrian alam dan kelestarian lingkungan sumber mata air Sugih Waras tidak itu saja program kerja ketua Paguyuban Masyarakat Peduli Lingkungan yaitu “Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Potensi Sumber Mata Air Sugih Waras” yang diusung ke MUSRENBANGDES itu telah membuahkan hasil, dukungan dari Pemerintahan Desa, Kecamatan, yang menjadikan usulan ini menjadi prioritas pertama di Musyawarah Antar Kecamatan se Kabupaten Kediri dalam penyaluran bantuan Program PNPM.

 dudku

Paguyuban Masyarakat Peduli Lingkungan ini selanjutnya dikukuhkan sebagai KELOMPOK SADAR WISATA SUGIH WARAS oleh Kepala Desa Dukuh tepatnya tanggal 20 Mei 2014.Keikutsertaan kelompok sadar wisata dalam proses pembangunan wisata sumber “Sugih Waras” ini sangatlah aktif sehingga pembangunan dapat dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan, terhitung mulai tanggal 15 Oktober 2014 sampai 30 Desember 2014.

 

Dengan adanya wisata Sumber Mata Air “Sugih Waras’ ini selain dapat menambah income daerah, tempat ini juga mampu dengan secara langsung memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar, membuka lapangan kerja baru, mengurangi jumlah pengangguran dan memperbesar peluang usaha dari masyarakat, pengembangan dan pelestarian Wisata Sumber Mata Air Sugih Waras juga memiliki dampak yang baik pada alam karena dengan adanya program pengembangan ini perawatan serta perhatian pada lingkungan sekitar semakin meningkat, seperti kesadaran dari warga untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap indah dan diminati oleh para wisatawan.

 

Memang bukan hal mudah untuk melaksanakan berbagai rencana yang telah ditetapkan, bahkan hal ini terkesan sulit jika harus dil;akukan tanpa dukungan dari pihak-pihak yang terkait, oleh karena itu peran serta dan kerja sama dari berbagai elamen seperti pemerintah, masyarakat dan lembaga-lembaga lain sangat diperlukan demi mewujudkan proses pengembangan dan pelestarian yang baik sehingga diharapkan hasil yang akan dicapai juga maksimal dan sesuai dengan keinginan.

           Lokasi

Dari arah kota Kediri, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Tulung agung atau sepeda motor setelah di pertigaan Ngadiluwih belok kiri + 2 km dapat pula para pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor dengan arah kota Blitar setelah Jimbun belok kanan ± 2 km tepatnya berada di selatan jalan.

 

Fasilitas Sumber Sugih Waras”

Beberapa fasilitas memadai yang akan berada di “Sumber Sugih Waras” ini antara lain :

Fasilitas Umum

  • Pemandian :

Sumber Mata air

Kolam renang anak - anak

Kolam renang dewasa

  • Wisata Alam :

Outbound

Flying fox

Merayap tali

Prembesan /merayap

Jembatan gantung/ jembatan goyang

Jaring laba-laba

  • Gazebo

Gazebo adalah tempat yang digunakan pengunjung untuk beristirahat menunggu keluarga yang sedang berenang,

  • Pondok Wisata
Pondok wisata adalah sebuah rumah semi permanen yang diperuntukan pengunjung dalam rangka mengadakan rapat atau pertemuan
  • Panggung Kesenian

Diperuntukan untuk pementasani hiburan, kesenian atau event-event

  • Panggung Hiburan Ukuran 3x4 m

Diperuntukan untuk Karaoke keluarga

  • Kios Makanan (warung)

Disediakan kios makanan atau warung yang semua pedagangnya masyarakat setempat.

  • Agrowisata

Di objek wisata air sumber “Sugih Waras” ada berbagai tanaman dan bunga yang di jual kesemuanya adalah dari hasil masyarakat setempat.

  • Fasilitas Sosial

Mushola

WC/ Toilet

Parkir

  • Fasilitas Penunjang
  • Tenaga Keamanan

Tenaga keamanan di sini telah terbentuk yaitu: Kelompok Pengawas Masyarakat (POKMASWAS) dalam hal ini membantu pengawasan dan pembinaan terhadap keamanan pengelolaan dan pemanfaatan potensi, yang mana sekaligus berperan sebagai mitra kerja aparat penegak hukum di dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara.

  • Potensi Desa Wisata Lainnya

Pembuatan Gula Merah

Pembuatan Kripik gadung

Pembuatan Tahu

Pembuatan tepung tapioca

Pembuatan batu bata merah