Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bendung Gerak Waru Turi

ika bendungTaman wisata ini berada ± 15 km, ± (10 menit) dari Kota Kediri atau dari arah Surabaya ± 110 km (± 2,5 jam). Panjang Bendungan yang 150 meter digunakan sebagai pengendali air Sungai Brantas, dan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dilengkapi :

· Perahu motor dan sepeda air

· Kolam pancing dan kolam renang

· Driving range

· Padang golf

· Taman bermain anak anak

· Taman air yang indah dan asri

· Panggung hiburan

Kawasan Bendung Gerak Waru Turi merupakan salah satu obyek wisata yang ada diwilayah Kabupaten Kediri, lebih tepatnya berlokasi di wilayah Kecamatan Gampengrejo. Di lokasi bendungan yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 150 Meter ini, pengunjung akan disuguhi dengan situasi dan kondisi alamnya yang tergolong alami. Karena itulah, ditempat tersebut cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat menikmati hari libur atau di kala senggang bersama anggota keluarga, bahkan disekitar area dalam lokasi juga bisa dijadikan tempat piknik.

Disamping itu lokasinya relatif mudah dijangkau dari dua arah yang berbeda dari Timur dan Barat, jika pengunjung sedang berada di jalur Kertosono-Kediri pengunjung bisa masuk melalui pintu sebelah timur yang berlokasi di wilayah Desa Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo, sedangkan jika pengunjung yang berada di jalur jalan Raya Bulak Jabon, pengunjung bisa memanfaatkan pintu di sebelah barat yang masuk dalam wilayah Desa Jabon Kecamatan Banyakan.

Menariknya ketika melintas menuju Bendung Gerak Waru Turi melalui pintu sebelah barat, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam pedesaan dengan semilir angin yang terasa tak pernah henti berhembus disekitar area persawahan milik beberapa warga sekitar.

bendunganJika anda pengunjung berada di wilayah pusat (tengah) Kota Kediri, untuk menuju Bendung Gerak Waru Turi diperkirakan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dengan jangka waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Menurut keterangan warga sekitar, Bendung Gerak Waru Turi merupakan bendungan yang seringkali dipergunakan untuk mengatur pengairan irigasi bagi area persawahan milik warga sekitar lokasi. Sekaligus sebagai control debit air yang mengalir menuju Mojokerto hingga Surabaya.

Layaknya tempat wisata lainnya, di dalam area Bendung Gerak Waru Turi juga disediakan berbagai sarana penunjang seperti kolam renang, kandang kijang, golf driving range, wisata air dan pemancingan. Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, semakin memanjakan pengunjung yang datang di wisata Bendung Gerak Waru Turi Kabupaten Kediri.

Selain itu, tersedianya warung-warung penjaja makanan di pinggiran taman yang teduhmemanjakan para wisatawan yang datang dengan hidangan khas ikan bakar maupun ikan goreng hasil dari tangkapan disungai Brantas.  Terlebih lagi jika bertepatan dengan ritual tahunan ikan mabuk, dimana ikan-ikan sedang melimpah lantaran dibukanya pintu waduk – waduk yang membendung sungai Brantas terutama pintu waduk yang ada diwilayah Blitar dan Tulungagung. Dihari itu, penjual ikan segar yang masih hidup maupun yang matang dijual sangat murah sehingga dapat memuaskan para wisatawan yang datang.

Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA

Taman wisata ini berada + 5 km, + 10 menit dari Kota Kediri. Panjang bendungan yang 150 meter digunakan sebagai pengendali air Sungai Brantas, dan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dilengkapi:

1.     Perahu motor dan sepeda air

2.     Kolam pancing dan kolam renang

3.     Driving range

4.     Padang golf

5.     Taman bermain anak-anak

6.     Taman air yang indah dan asri

7.     Panggung hiburan

WATER PARK OF BENDUNG GERAK

It is a 150 meters in length dam, used to control water debris of River Brantas. Situated + 5 kms, + 10 minutes from Kediri City, the park offers:

1.     Motor boating and water-cycling

2.     Fishing pool and swimming pool

3.     Driving range

4.     Golf course

5.     Playground

6.     Comfortable water park

7.     Stage for entertainment performances.

Comments   

 
0 #5 Lindang ayu 2017-03-20 07:58
Ini no pengaduan nya berapa ya ? Pengaduan untuk bendungan waru turi
Quote
 
 
0 #4 roni nurfaid 2017-01-31 09:36
bagus sekali ya waru turi
Quote
 
 
0 #3 heri 2016-10-02 19:21
lagu karya tosan aji apakah memang tidak dipublikasikan? padahal bagus, terutama yang judulnya bendungan waru turi & kali brantas, kalo ada share link downloadnya min
Quote
 
 
0 #2 nando 2016-08-18 18:18
terimakasih
Quote
 
 
0 #1 nando 2016-08-18 18:16
saya mau menanyakan mengenai tarif retribusi masuk ke Bendung Gerak Waru Turi, dimana tarif retribusi masuk beragam, antara 2000rb,5000rb,h ingga 12000rb. Bagaimanakah kejelasan tarif retribusi masuk yang sebenarnya? Dan apakah setelah membanyar tarif retribusi kita tidak mendapat tanda bukti yang sah atas pembayaran tarif retribusi? saya sebagai masyarakat Kabupaten Kediri merasa kurang nyaman mengingat Bendung Gerak Waru Turi juga digunakan warga sekitar. Mohon tanggapan dan tindakan tegas dari pihak yang berwenang dan juga Pemerintah Kabupaten Kediri, untuk mentertibkan oknum petugas Bendung Gerak Waru Turi. Terimakasih
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh