Thursday, 22 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jumpai Aneka Ikan di Pokdakan Masdaka

pokdakan 1

Dinas Perikanan Kabupaten Kediri membuka beberapa stan di Pameran Pekan Budaya dan Pariwisata 2019. Salah satunya adalah stan Pokdakan Masdaka dari Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Pokdakan Masdaka ini merupakan kelompok budidaya ikan hias dan ikan konsumsi yang dirintis sejak tahun 2000.

Pak Riyanto salah satu anggota kelompok tersebut menjelaskan, sebelum membudidayakan ikan, ia beternak ayam. “Tahun 1998 terjadi krisis moneter dan harga ayam turun, akhirnya saya gulung tikar. Tentu sedih dan menangis, alhamdulillah kita dapat hidayah untuk bikin usaha ini,” terangnya (9/7).

Anggota dari kelompok ini ada yang membudidayakan ikan konsumsi gurami, aneka ikan hias di Dusun Jatirejo dan budidaya Daphnia (kutu air) di Dusun Jagalan. Daphnia merupakan pakan ikan dari umur baru menetas sampai umur 2 minggu.

pokdakan 2

“Dulu awal merintis usaha ini dengan budidaya ikan hias saja. Karena tuntutan pasar akhirnya kita budidaya ikan konsumsi, dari ikan gurami, patin, dan ikan lele. Tidak hanya untuk ikan siap konsumsi, kami juga menyediakan benih dan pakan untuk usia ikan baru menetas sampai umur dua minggu,” terangnya.

Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal tentu harus dengan kerja keras yang maksimal pula. Maka dari itu kelompok ini juga menyediakan pakan untuk ikan sampai usia dua minggu.

Jadi untuk Anda yang berminat dengan ikan-ikan cantik maupun ikan konsumsi ini bisa langsung mengunjungi area kampung ikan di pameran Pekan Budaya dan Pariwisata 2019. Selain bisa mendapatkan ikan-ikan idaman, kelompok Pokdakan Masdaka juga menawarkan pelatihan budidaya Daphnia (kutu air). Anda bisa menghubungi nomor telp/wa 085607198508, telp: 081335629373/085745126568.

pokdakan 3

“Semoga dengan mengikuti pameran yang perdana ini kedepannya kami lebih dikenal masyarakat. Selain itu juga bisa mengembangkannya lagi dengan menambahkan wisata edukasi ikan hias untuk anak-anak, supaya mereka paham proses budidaya ikan hias, cara pemijahannya, penetasan, sampai perawatan ikan hingga siap panen,” tambahnya. (Kominfo/ns,ftm,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner