Saturday, 24 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nikmatnya Kopi Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung aktif yang terletak di Jawa Timur. Jika diingat-ingat, beberapa tahun lalu Gunung Kelud telah membuat panik warga sekitar lereng untuk mencari tempat yang aman, karena erupsi. Tidak hanya itu saja, akibat erupsi Gunung Kelud tersebut banyak petani yang gagal panen, semua permukaan sekitar gunung tertutup abu vulkanik dan membuat semua aktivitas warga berhenti.

kopi 1

Namun kejadian itu tidak menyurutkan semangat warga untuk bangkit dan meneruskan perjalanan hidup. Salah satunya warga Desa Puncu Kecamatan Puncu yang membangun usaha bersama demi untuk menghidupi keluarga. Dengan memanfaatkan sumber daya dan alat seadanya serta bantuan dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), warga Desa Puncu mendirikan usaha “Kopi Bubuk Kelud Puncu”.

“Usaha ini berdiri pasca erupsi Gunung Kelud, sekitar tahun 2015. Dengan bimbingan KSM itu kita ada 10 tim termasuk bagian marketingnya. Alhamdulillah tiga bulan terakhir ini produksi kita tembus 4 kwintal per bulan. Biasanya itu 3 kwintal per bulan,” jelas Nur kepada Kominfo, (7/5).

Kopi Kelud ini per kemasannya berisi 250gr dengan kualitas biji kopi dan harga yang bervariasi. Dari jenisnya ada dua jenis yaitu Robusta dan Liberika, dari grade ada tiga jenis yaitu grade A, grade B, dan grade C.

kopi 2

Grade A Liberika dipatok dengan harga Rp 20.000, jenis A robusta Rp 19.000, jenis B robusta Rp 13.000, dan jenis C robusta Rp 10.000.

Adapun yang paling spesial adalah kopi luwak yang berbahan kopi dari luwak liar asli dari hutan lindung sekitar lereng Kelud dan dipatok harga Rp 75.000 per bungkusnya.

“Dulu awal pemasarannya via jaringan pondok, lewat santri dengan membawa semboyan ‘Santri Kalo Nggak Ngaji Ya Ngopi’. Terus pernah juga ikut pameran produk UMKM di Simpang Lima Kediri, kemarin itu juga ikut Majapahit Internasional Travel Fair,” jelas Nur kepada Kominfo.

kopi 3

Untuk Anda yang berminat dengan produk UMKM Desa Puncu ini bisa melakukan pemesanan via toko online Tokopedia (semua toko online ada) maupun sosial media Instagram @kopi_kelud_laharpang. Anda pun bisa menghubungi nomor whatsapp 082234816232, dan bisa langsung datang ke Rumah Kopi Kelud di Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. (Kominfo/ftm,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner