Wednesday, 17 July 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Chabi Craft, Dari Sisa Menjadi Usaha

Kain perca merupakan kain bekas dari pembuatan pakaian atau barang tekstil lainnya yang sudah dalam bentuk potongan-potongan kecil.  Bagi sebagian orang, sisa jahitan kain yang sudah tidak terpakai akan langsung dibuang begitu saja, namun bagi sebagian lainnya kain perca bisa menjadi limbah yang bernilai ekonomis.

cabhi 1

Di Kabupaten Kediri tepatnya di Perumahan Candra Birawa Asri Katang terdapat UMKM yang memproduksi kain perca menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Di rumah ibu Seno selaku pencetus ide kerajinan tangan kain perca ini lah, produk limbah kain disulap menjadi aneka macam benda yang dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti tas, pouch, taplak meja, dan masih banyak lagi.

Usaha kerajinan tangan ini diberi nama Chabi Craft. “Nama ‘Chabi’ berarti Candra Bhirawa, dimana Candra Bhirawa merupakan icon Kabupaten Kediri,” terang Bu Seno, (10/4).

Chabi craft telah berdiri sejak Agustus 2014. Awalnya Ibu Seno melihat sisa kain dari penjahit dibuang dan dibakar begitu saja. Dari situ lah ibu Seno mempunyai ide untuk mengolah kain perca tersebut agar bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai jual.

cabhi 2

Hasilnya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena produk yang dihasilkan dari chabi craft ini telah dipasarkan hingga ke luar pulau. Dalam menjalankan usahanya, beliau dibantu oleh ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas usaha kain perca dari berbagai daerah di Kabupaten Kediri.

Untuk pemasarannya, Ibu Seno biasa memasarkan di toko pusat oleh-oleh di Kabupaten Kediri. Selain itu, beliau juga rutin mengikuti pameran di Monumen Simpang Lima Gumul dan juga menerima pesanan souvenir pernikahan  dari seluruh daerah di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, mulai dari 8.000 hingga 125.000 rupiah.

Pengelolaan limbah kain sisa dari penjahit atau kain perca menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual diharapkan bisa mengurangi limbah kain yang terbuang percuma. Selain itu, keberadaan Chabi Craft bisa membuka lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga, khususnya di daerah sekitar dan umumnya Kabupaten Kediri.

cabhi 3

Bagi Anda yang berminat membeli produk kerajinan ataupun souvernir, bisa melihat aneka kreasi Cabhi Craft di akun Instagram @aguspraptina. Anda juga bisa menghubungi di nomor 085790513548. (Kominfo/tan,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner