Monday, 28 May 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tanaman Organik Pilihan Sumbercangring Meraih Awarding

AWARDING SUMBERCANGRING 1

“Saya sangat berterimakasih sekali atas penghargaan yang telah diberikan kepada Desa Sumbercangring Kecamatan Gurah, ini sebagai penghargaan yang bergengsi setiap tahun diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DPMPD Kabupaten Kediri dan bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Kediri” kata Kepala Desa Sumbercangkring Mujiana.

“Sumbercangring dipercaya meraih Inovasi Awarding Anugerah Desa terbaik tahun 2017 bidang Pengelolaan Pertanian, persaingan yang sangat ketat dengan desa-desa lain se Kabupaten Kediri, ini sebagai kebanggaan bagi warga Desa Sumbercangring, karena mempertahankan sebuah Anugerah itu lebih sulit dari pada mendapatkannya” kata Mujiana.

Desa Sumbercangring memiliki program unggulan berupa pembudidayaan tanaman organic, salah satu Motivator tokoh masyarakat juga sebagai Tokoh Desa dan didukung dengan Perangkat Desa Sumbercangring berhasil membentuk Kelompok Petani Organik “Kelompok Tani Organk ini kami bentuk semuanya terdiri dari warga sekitar, tim Pembina dari PPL Kecamatan Gurah juga Camat Gurah selalu meminitor kegiatan ini” terangnya.

AWARDING SUMBERCANGRING 3

Pemerintah Desa ikut terjun langsung terlibat dalam pembuatan tanaman organic juga ilmu pembuatan tanaman organic semuanya tidak lepas dari PPL Kecamatan Gurah, dengan ketekungan dan telaten pantang menyerah ilmu pembuatan tanaman organic ini terus berkembang dan sampai saat ini utamanya getok tular di warga desa.

Melihat peluang usaha yang menjanjikan kami juga bisa mengolah tanaman organic ini menjadi berbagai produksi atau bisa disebut home industry dan kami bentuk UMKM untuk pembuatan snack, es krim dan produk olahan lainnya, “selain itu juga ada kebun belimbing juga sebagai andalan tanaman organic Desa Sumbercangring”, jelas Mujiana.

“kedepannya juga atas ide dari Camat Gurah Ahmad Wito Subagyo, SH. M.Si dan juga sudah disetujui oleh warga untuk di Kebun belimbing nantinya akan kita buat gazebo-gazebo dan kita jadikan kebun petik belimbing, selain itu juga kita buat olehannya dan kita pajang atau kita jual di kebun petik belimbing sebagai oleh-oleh selain bisa membawa pulang buah belimbing juga mendapat produk khas dari belimbing”. Tambahnya dengan bangga. (20/1)

AWARDING SUMBERCANGRING 2

“Alhamdulilah saya ucapkan terimakasih utamanya kepada Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, Kepala DPMPD H.Satirin, S.Pd dan Dirut Radar Kediri Taukid Wijaya yang sudah memberikan Anugerah Desa, ini bisa membuat semangat dan juga bisa untuk mengembangkan pembangunan Desa Sumbercangkring untuk lebih maju lagi, paling tidak bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat,”imbuhnya dengan bangga.

Untuk peraih Awarding Inovasi Desa gelar terbaik mendapat Piala Anugerah Desa, proyek pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Kediri senilai Rp. 200 jt, piagam penghargaan, plakat persembahan Jawa Pos Radar Kediri, Good Bag dari Jawa Pos Radar Kediri dan Bingkisan dari Batik Suminar. (Kominfo, Ytpd, Tj, Wk). #kedirilagihebat.

banner