Minggu, 23 Juli 2017

GERMAS, Mendorong Masyarakat Berpola Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menyelenggarakan Forum Diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Hotel Bukit Daun, Selasa (16/5). Dihadiri Wakil Bupati Kediri Drs.H.Masykuri, MM., kegiatan ini dilaksanakan sebagai awal implementasi Instruksi Presiden RI No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

germas  1Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Karena itulah, kegiatan forum diskusi ini mengundang seluruh perwakilan Perangkat Daerah, Kemenag Kab. Kediri, BPJS Kediri, PKK, Fatayat NU dan Aisyiyah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri MM. menyinggung perubahan pola penyakit di Indonesia saat ini, yaitu meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes militus. Meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah dan masyarakat.

germas  3Tanpa upaya yang signifikan, kecenderungan kesakitan dan kematian serta permintaan pelayanan kesehatan akan terus meningkat, didorong pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, konsumsi buah dan sayur yang rendah serta konsumsi rokok dan alkohol.

“Indonesia akan mendapat bonus demografi di tahun 2030, dimana jumlah usia angkatan kerja paling tinggi.Untuk itu anak-anak harus disiapkan dari sekarang agar menjadi generasi yang cerdas dan berkualitas, dimulaidengan gaya hidup yang sehat. Dengan demikian penyakit-penyakit degeneratif nantinya tidak menyerang mereka di masa tua sehingga tidak membebani keluarga dan pemerintah,” terang beliau.

Pentingnya pola hidup sehat juga ditekankan oleh drg. MVS Mahanani, M.Kes. yang hadir pada acara tersebut. Dengan perilaku sehat, diharapkan berdampak pada terjaganya kesehatan, meningkatnya produktivitas masyarakat, terciptanya lingkungan yang bersih dan berkurangnya biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat.

germas  2

“Kenapa harus sehat? Karena sehat bukan segalanya. Tapi bila tidak sehat, segalanya bukan apa-apa,” tegas Kabid Kemas Dinkes Provinsi Jawa Timur tersebut.

Dihadapan seluruh peserta forum diskusi, drg. MVS Mahanani memaparkan ruang lingkup Germas meliputi peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat serta peningkatan aktivitas fisik.

Melalui forum diskusi ini, diharapkan ada perubahan mindset tentang pentingnya asupan gizi, aktivitas fisik, dan partisipasi semua pihak dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Germas di Kabupaten Kediri. (Kominfo/tee, lk,wk)