Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Brambang Goreng ‘Baru Rasa’ Lebih Gurih dan Kriyuuuk

brambang goreng 1Bawang Merah Goreng atau orang Kediri sering menyebutnya Brambang Goreng merupakan bumbu tambahan yang mampu membuat makanan semakin sedap dilidah. Brambang Goreng sangat cocok ditambahkan ketika kita makan Bakso, Nasi Goreng, Mie, Soto, Rawon, Soup dan lain sebagainya.

Melihat kebutuhan Brambang Goreng semakin meningkat dan terus bertambahnya para penjual makanan yang membutuhkan tambahan Brambang Goreng, kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Bapak Suyanto (60). Usaha Brambang Goreng Bapak Suyanto mulai dirintis sejak tahun 1999. Awal memilki ide berjualan Brambang Goreng saat merantau ke Surabaya dengan menjual bawang merah mentah kepada konsumen dengan mengelilingi Kota Surabaya menggunakan sepeda motor. Setelah berjalan beberapa tahun ternyata usaha berdagangnya mengalami kegagalan.

Setelah mendengar para konsumennya tidak mau repot mengupas dan menggoreng bawah merah sendiri hal itu dimanfaatkan oleh Suyanto untuk memulai usaha Brambang Goreng. Kemudian dibantu oleh sang istri, Pak Suyanto mengolah sendiri Bawang Merah hingga siap dipasarkan. Karena banyaknya pelanggan yang merasa cocok maka permintaan akan Brambang Goreng semakin meningkat.

brambang goreng 2

Selanjutnya Suyanto dan keluarga pulang kampung halaman di Desa Kampungbaru Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Dengan berbekal pengalaman selama di Surabaya Suyanto mengembangkan usaha pengorengan brambang goreng tersebut di Desa Kampungbaru. Sang istri Winarti (52) sangat setia dan berjasa dalam pengembangan usaha tersebut. Mulai dari nol hingga saat ini sang istri selalu membantu dan memberikan motivasi. Ujar Suyanto.

Saat ini usaha yang diberi nama Bawang Goreng Merah “Baru Rasa” sudah mampu merekrut karyawan warga sekitar sebanyak 6 orang, bahkan jika bahun baku banyak bisa sampai 10 orang. Untuk bahan bakunya sehari menghabiskan 4 Kwintal bawang merah mentah dan setelah diolah bisa menjadi 150-200 Kg tergantung kwalitas baha baku. Bahan baku diambil dari Kabupaten Nganjuk dan tidak sedikit bahan baku dari lokal Kabupaten Kediri seperti Siman dan Sekoto. Pemasarannya sebagian besar di wilayah Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Jombang dan Surabaya.

Brambang Goreng tersebut dikemas dalam plastik ukuran 1 ons sampai dengan kemasan box ukuran 5 Kg. Untuk kualitas Brambang Goreng dipisahkan menjadi beberapa tingkat yaitu Kelas A, B dan C dengan harga mulai 35.000 sampai 40.000/Kg, Selain bawang merah juga memproduksi Bawang Putih Goreng yang harganya lebih mahal sedikit yaitu 50.000/ Kg.

brambang goreng 3

Kepada Tim Kominfo Rabu,(10/2) Suyanto mengatakan bahwa kendala saat ini yang sering dihadapi adalah pemasaran, hal ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat dengan banyaknya orang yang memiliki usaha sama. Selain pemasaran usaha kami juga membutuhkan alat untuk mengemas makanan (Sealer) agar produksi bisa meningkat dan bisa mempekerjakan warga sekitar sebanyak-banyaknya secara otomatis taraf ekonomi warga Kampungbaru semakin meningkat pula.

Suyanto mengatakan yang membedakan kualitas Brambang Goreng produksi kami dengan lainnya adalah rasanya lebih gurih dan ketika dikunyah sangat renyah bisa kriyuk. Jika anda menginginkan Bawang Goreng Merah “Baru Rasa” yang gurih dan kriyuuk…, silahkan datang langsung ke alamat Bapak Suyanto RT. 02 RW. 01 Desa Kampungbaru Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. atau bisa pesan dengan menghubungi Hp. 081 251 726 382. (Kominfo).

Comments   

 
0 #1 dekisugi 2016-10-08 12:29
UMKM di Kediri ada banyak sekali dan sepertinya akan sangat bagus jika para pelaku UMKM diberi pelatihan tentang pemasaran produk melalui internet, terlebih lagi jika mereka bisa menguasai halaman 1 di mesin pencari google pasti omset penjualan masing-masing UMKM bisa berlipat-lipat.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM