Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Wisata Jugo

Menikmati Air Terjun Lereng Wilis Di Desa Wisata Jugo

Pemandangan Desa Wisata Jugo

Desa Wisata Jugo atau yang biasa dikenal dengan Area Wisata Besuki, merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Kediri yang terletak di Kecamatan Mojo. Anda bisa menuju ke desa ini dengan berkendara ke arah barat dari alun-alun Kota Kediri sekitar 25 kilometer. Meski agak jauh, tetapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah. Anda bisa menikmati pepohonan hijau, lereng perbukitan dan pemandangan Gunung Wilis di sebelah barat. Jalan beraspal hotmix yang cukup lebar membuat lokasi ini bisa diakses dengan mudah.

Desa wisata Jugo memiliki potensi alam yang luar biasa. Pasokan air yang berlimpah dengan adanya Air Terjun Dolo dan Irenggolo membuat wilayah tersebut subur dan hijau. Lokasinya yang terletak di dataran tinggi sekitar 1200 meter di atas permukaan laut membuat hawa di Desa Wisata ini selalu dingin, bahkan saat di musim kemarau. Hutan yang masih lebat dan hijau disertai suara kicauan burung membuat Desa Wisata Jugo sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dari kebisingan perkotaan dan mencari ketenangan hidup di alam pedesaan.

jugo 12

Wisata alam yang bisa Anda nikmati di Desa ini adalah Air Terjun Irenggolo dan Air Terjun Dolo, tracking ke Puncak Gunung Wilis, village tour mengenal kehidupan masyarakat dan melakukan kegiatan sepeda down hill. Sedangkan wisata budaya yang bisa anda saksikan di desa ini adalah kesenian kuda lumping dan Campur Sari Laras Wilis Manunggaling Roso. Selain itu Juga ada wisata petik buah strawberry, outbond dan wisata Kuliner.

Suwoko, Ketua Desa Wisata Jugo mengatakan bahwa Desa Wisata Jugo menawarkan wisata yang penuh cerita dan kenangan, semua ini dikemas dalam paket wisata kehidupan desa. Anda akan diajak untuk menjalani aktivitas sehari-hari masyarakat desa mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

 

jugo 2

“Kami menawarkan keramahan dan guyub rukun kehidupan warga desa. Wisata ini sangat cocok untuk masyarakat kota besar yang terbiasa dengan kehidupan mewah dan serba instan. Di sini kami mengajak pengunjung untuk menikmati kehidupan desa, mulai dari bangun pagi, menanak nasi, kita lakukan bersama-sama dengan penuh kekeluargaan,” Kata Suwoko.

Lebih lanjut Suwoko menjelaskan bahwa pengunjung bisa memilih paket wisata yang diinginkan. Jadi pihak desa wisata tinggal menyesuaikan dengan keinginan para pengunjung.

“Paket wisata kami fleksibel, sesuai permintaan pengunjung. Pengunjung bisa memilih paket petik strawberry, tracking puncak wilis, sepeda downhill dan masih banyak paket yang lainnya,” Imbuh Suwoko.

Untuk lebih mengenal Desa Wisata Jugo, berikut kami sajikan paket wisata yang bisa Anda nikmati di sana antara lain:

  1. Air Terjun Irenggolo

jugo 11

Air Terjun Irenggolo terletak di ketinggian 1200 mdpl. Saat Anda sampai di sana Anda akan disambut dengan gerbang bertuliskan Irenggolo dan deretan warung kuliner yang mirip rumah pohon karena warung tersebut di topang oleh kayu dan pepohonan. Di lokasi tersebut juga disediakan fasilitas yang bisa Anda gunakan seperti gazebo, taman bermain (ayunan, jungkat-jungkit), kolam renang, musholla dan kamar mandi. Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk menuju air terjun melewati jalan setapak yang dipinggirnya adalah lereng yang cukup dalam. Sambil berjalan kaki Anda bisa melihat pemandangan lereng gunung Wilis, suara burung berkicau riang, tumbuhan khas pegunungan bahkan Anda bisa melihat burung melompat dari dahan ke dahan.

 

Air terjun Irenggolo memiliki ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga.

Anda bisa berfoto, membasuh muka atau bahkan mandi di Air Terjun ini. Airnya yang dingin seperti es membuat segar sekujur tubuh.

 

  1. Air Terjun Dolo

jugo 6

Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 meter dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki.

Debit air yang dicurahakan air terjun ini tidak terlalu deras, namun memiliki suhu air yang sangat dingin. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter. Air terjun Dolo terletak di kawasan pegunungan, sehingga selain suhu udaranya dingin, seringkali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut.

 

Air terjun Dolo bejarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Kediri, dan dapat ditempuh 2 jam dari Pare, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke air terjun Dolo, jika dari pusat Kota Kediri ke arah barat lalu melalui Pohsarang, Kecamatan Semen. Akses jalan menuju ke air terjun Dolo berliku-liku karena terletak di kawasan pegunungan. Namun pemerintah Kabupaten Kediri telah membangun sarana jalan yang lebih halus dan lebar dari sebelumnya, sehingga lebih memudahkan para pengunjung yang datang baik dari arah kota Kediri maupun dari arah Ponorogo. Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi air terjun Dolo, pengunjung diharuskan melewati dan menuruni sekitar 900 anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer.

 

  1. Petik Strawberry

jugo 5wisata petik strawberry di Kebun Berry Farm. Lokasinya Sebelum memasuki kawasan Irenggolo, di sebelah kiri jalan di antara kantor pemancar tv. Berry farm menawarkan wisata petik buah strawberry langsung dari pohonnya. Hanya dengan Rp.50.000 Anda bisa memetik buah strawberry seberat 1 kilogram. Fasilitas yang disediakan oleh Berry Farm adalah warung lesehan yang dikelilingi kolam ikan untuk tempat istirahat dan kamar Mandi. Jika Anda ingin belajar menanam strawberry, di kebun ini juga disediakan wisata edukasi bertanam strawberry. Hasil pohon strawberry yang anda tanam di polybag, boleh Anda bawa pulang ke rumah

Wisata Alam

Air Terjun Dolo

Air Terjun Irenggolo

Tracking Puncak Wilis

Wisata Buatan

Outbond

Bumi Perkemahan

Wisata Ziarah ( Makam / Petilasan )

Batu Tulis

Sengkeran

Wisata Budaya

Jaranan

Campursari Laras Wilis Manunggale Roso

Kerajinan

Gantungan Kunci

Gelang

Tasbih

Bunga Hias

Kalung

Wisata Kuliner

Keripik

Kopi Murni Putri Wilis

Wedang Secang

Tiwul Instan

Jagung Instan

Wisata Agraris ( Pertanian & Perkebunan )

Wisata Petik Strawberry

Wisata Pendidikan ( Pelatihan )

Berlatih menanam Strawberry

Penginapan

Hotel

Homestay

Fasilitas Umum

Warung

Musholla

Toilet

Gazebo

Tempat Parkir