Tuesday, 20 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nuzulul Qur’an Membangun Dunia dan Akherat Masyarakat Kediri Dengan Al-Qur’an

Nuzulul Quran 1

“Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk manusia dalam menjalani hidup. Petunjuk tidak hanya dalam menjalankan ibadah menyembah kepada Alloh (Hablum Minnallah). Namun juga berkaitan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari (Hablum Minannaash). Misal dalam berumah tangga, bertetangga, bekerja, bernegara, dll. Bila kita berpegang pada Alquran dan Sunnah selamatlah hidup kita.” Begitulah petikan tausiyah Ustad Asyfiya’ Hanida di Pendopo Kabupaten Kediri, Senin (7/6/15’).

Nuzulul Quran 2Pengajian tersebut digelar dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar Pemerintah Kabupaten Kediri. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Wakil Bupati, Drs.H.Masykuri MM, para Ulama dan Kyai Se-Kabupaten Kediri, serta Jajaran Kepala SKPD Kabupaten Kediri.

Dalam tausiyah tersebut disampaikan pula bahwa manusia dibekali oleh Allah SWT dengan nafsu dan akal. Sebagai manusia tidaklah bisa menghilangkan nafsu, namun hanya bisa dikendalikan. Puasa adalah menjadi wadah latihan untuk mengendalikan nafsu tersebut. Sebab bila tidak dikendalikan manusia bisa lebih buruk dari hewan.

“Malaikat tidak memiliki nafsu. Hewan tidak memiliki akal hanya memiliki nafsu. Nah manusia, memiliki akal juga memiliki nafsu. Bila tidak memegang petunjuk dari Sang Pencipta kita (Allah) kita akan lebih buruk dari hewan.“ungkap Kyai dari Nganjuk ini.

Lebih lanjut terkait keutamaan Al-Qur’an, selain menjadi petunjuk bagi manusia juga menjadi obat dari segala penyakit. Tidak hanya penyakit batin, namun juga penyakit dhohir.

Nuzulul Quran 3“Banyak dalam tuntunan, bahwa bacaan ayat suci Al-Qur’an bisa menyembuhkan penyakit. Selain penyakit hati karena kekosongan jiwa dan terlalu mencintai dunia, namun juga penyakit dhohir yang menyerang manusia seperti digigit ular, digigit kalajengking dll.” Tambahnya.

Dalam sambutan Bupati Kediri yang dibacakan Drs.H. Masykuri, MM., bahwa Bulan Ramadhan memiliki banyak hikmah yang bisa dipetik. Terutama dapat melatih jiwa kita lebih dekat kepada Allah sebagai pencipta manusia. Jelas Drs.H.Masykuri, MM.

“Bersama-sama adalah kewajiban kita tidak hanya membangun Kediri dalam mensejahterakan secara ekonomi. Namun juga bertanggung jawab akan membangun moral dan mental. Secara singkat, bersama-sama kita membangun Kabupaten Kediri dunia dan akhirat.” Tandas Drs. H.Masykuri, MM. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh

banner