Sabtu, 20 Desember 2014

Cas Cis Cus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kab. Kediri

Lembaga-Kursus-Fajar-Murid-Mr.-KalendBagi masyarakat Kediri khususnya masyarakat Pare, ketika mereka mendengar nama Mr. Kalend Osen, maka mereka pasti langsung berpikir tentang kampung inggris yang ada di Pare. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Mrs. Fitria Hanum (Kamis 22 -11- 2012) yang merupakan pemilik kursus bahasa inggris Fajar salah satu kursus bahasa inggris di Pare yang dulunya juga merupakan murid dari Mr. Kalend, bahwa awal terbentuknya kampung inggris di Pare ini dimulai dari kursus yang didirikan oleh Mr. Kalend.

Kampung inggris di Pare ini diawali dari Mr. Kalend yang merupakan pendatang dari Kalimantan yang belajar di Pondok Pesantren Darul Falah pada sekitar 50 tahun yang lalu yang dimiliki oleh Ustad Yazid yang menguasai sekitar 7 bahasa salah satunya bahasa inggris. Setelah Mr. Kalend belajar bahasa inggris kepada Ustad Yazid, mulailah dia mendirikan kursus yang awalnya hanya privat dan menyewa di teras rumah warga yang akhirnya sampai sekarang lembaga kursus BEC (Basic English Course) yang telah berdiri sejak tahun 1977. Awal dari berdirinya kampung inggris ini tidaklah mudah, warga di kampung inggris pare dulunya tidak mau untuk diajak belajar bahasa inggris walaupun itu secara gratis, bahkan tukang becak sekitar dibayar Rp. 15.000 agar mau belajar bahasa inggrispun mereka tetap tidak mau, termasuk Mrs. Hanum yang dulu juga enggan untuk belajar bahasa inggris karena masyarakat berfikir untuk apa belajar bahasa inggris karena kita tidak mungkin juga ke Inggris.

Pondok-Pesantren-Darul-Falah-Tempat-Mr-Kalend-Berguru-Bhs-InggrisKemudian ada murid dari Ustad .Yazid yang juga belajar bahasa inggris dan setelah mereka bisa, mereka mengajar privat sendiri, dari situlah awalnya terbentuk kampung inggris di pare ini, sampai sekarang tercatat ada 149 tempat kursus yang ada di kamung inggris pare. Dari 149 lembaga kursus yang ada di pare, justru sebagian kecil yang didirikan oleh warga asli pare yakni FAJAR, HARVARD, MOZAIK, BEC. Murid yang datang untuk belajar di kampung inggris ini mulai dari SD, SMP, SMA, Kuliah, bahkan karyawan, dan kampung inggris sangat padat pada saat musim liburan. Dengan banyak pelajar yang memanfaatkan liburannya keKampung Inggris, hal ini berdampak pada pendapatan masyarakat asli kampung inggris, tampak disepanjang jalan cukup banyak berjajar penyedia jasa Loundry, warung makan, penyewaan kendaraan (sepeda Onthel), internet, kos-kosan dll yang tentunya dapat menghasilkan rupiah.

Sekarang ini kampong inggris berkembang cukup pesat bisa dipastikan setiap tahun terus berdiri tempat tempat kursus yang baru, promosi sudah tidak hanya dari mulut ke mulut, tapi sudah menggunakan jejaring sosial, dan internet. Bahkan orang yang datang untuk mengikuti kursus di kampung inggris tidak hanya masyarakat Indonesia saja, tetapi dari Timor Leste, Malaysia, dan Thailand. Mrs. Hanum memiliki trik khusus untuk mengajar murid dari luar negeri tersebut, yakni menggunakan metode visualisasi atau dengan menunjukkan gambar. Meskipun dikenal dengan kampung inggris tapi tidak hanya bahasa inggris saja yang diajarkan di kampung inggris Pare, diantaranya yaitu bahasa Jepang, Jerman, Mandarin, Perancis.

Kampung inggris Pare ini banyak diminati karena biaya kursusnya yang relative sangat murah dan full English area di asrama-asrama yang ada, sehingga membuat para murid lebih mudah untuk menguasai bahasa inggris. Seperti di Fajar ini, biaya per program kursus hanya Rp. 35.000,- selama 2 minggu yang diklaim Mrs. Hanum sebagai lembaga kursus dengan biaya termurah di kampung inggris pare. Hal tersebut dikarenakan ajaran Mr. Kalend untuk membuat lembaga kursus yang murah dan ada nilai religiusnya.

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti kursus di kampung inggris Pare ini, kursus dibuka per  tanggal 10 dan per tanggal 25, umumnya pembelajaran dimulai pukul 05.30 dan biasanya sekali pertemuan berjalan selama 1,5 jam mulai senin sampai jumat, lama pembelajaran rata-rata 2 minggu, paling lama 6 Bulan yang ada di BEC. Manfaatkan waktu liburanmu yang 2 minggu belajar di kampung inggris pulang dijamin langsung mahir CAS CIS CUS Bahasa Inggris. Selamat Mencoba ber CAS CIS CUS (Kominfo)

Contact Person: Fajar CP 085 667 618 188 - 085 745 371 462

This content has been locked. You can no longer post any comment.