Sabtu, 25 Oktober 2014
  • English
  • Mandarin

Konveksi Mukena Dan Aneka Bordir “Amanah“

ibu SuwitoUsaha konveksi ini digelutinya mulai dari bawah yaitu les jahit menjahit dan bordir, kemudian menjadi pegawai pada salah satu usaha konveksi besar di kota Tulung Agung, dan sedikit dari sedikit mempelajari, terus mengikuti cara metode usaha dan manajemen pemasaran yang dijalani perusahaan konveksi tersebut, setelah itu baru merintis usaha kecil kecilan secara mandiri mulai tahun 2006, dengan bahan produksi mulai 1 pis kain biasa yang hanya jadi sekitar 38 mukena dan 1 pis kain yang bagus jadi 13 mukena, tetapi sekarang perkembangannya sudah pesat , sekali membeli bahan sudah mencapai 1 box atau 100 pis.

Ibu Suwito (40 th) yang beralamat di Dusun Kromasan Desa Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri ini melangkah awal dalam berusaha konveksi yang hasil produknya berupa Rukuh ( Mukena ), Sajadah dan aneka Bordir, dengan modal awal sebesar Rp. 1.000.000,- adapun jumlah pekerja tetap mulai dari 1 orang, 3 orang, 7 orang hingga sekarang menjadi 14 orang serta pekerja tambahan tidak tetap 28 orang. Dengan bidang kerjanya meliputi, Sobek (menyobek kain bahan), Sablon, Sepak (Bordir) dan menjahit serta pengemasan hasil produksi.

Pekerja di konveksi ini sebagian besar Ibu rumah tangga, baik dari desa Bendosari maupun dari desa sekitarnya sampai radius 8 Km. Pekerja digaji dengan sistim per bulan, rata-rata penghasilannya berkisar Rp. 800.000,- tentu saja ini merupakan tambahan penghasilan yang cukup lumayan bagi pekerjaan sampingan ibu-ibu rumah tangga guna membantu tambahan pendapatan keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pemasaran hasil produksi diawali dari pemasaran dari rumah ke rumah, dan sekarang sudah mendapatkan pelanggan tetap di kota Bojonegoro, Tuban, Nganjuk, Surabaya, Jember, Brau Kalimantan Timur hingga pesanan dari Arab Saudi, dan pada 2 tahun terakhir ini melayani pesanan untuk Mukena Jama’ah Haji dari Kabupaten Kediri, dan pada tahun 2012 ini sejumlah 480 buah mukena.

Disamping itu Ibu Suwito juga memasarkan hasilnya di salah satu lapak kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG) serta di Pendopo Kabupaten Kediri pada acara Rapat Pleno Tim Penggerak PKK atau Dharma Wanita Kabupaten Kediri tiap bulan sekali serta mengikuti event pameran pembangunan yang digelar oleh Pemkab Kediri.

Tentu saja dengan kualitas yang baik dan selalu menjaga mutu hasil produksinya serta selalu mengikuti perkembangan mode, usaha konveksi ini tidak kesulitan mencari konsumen / pelanggan sehingga dapat berkembang dengan pesat.

Hasil produksi mukena ini ada 4 motif yaitu dengan pengerjaan mulai dari 1 hari jadi 1 mukena, 1 hari jadi 2 mukena, 1 hari jadi 20 mukena, hal ini tergantung model serta motif yang dipilih atau dipesan oleh pelanggan. Dengan harga bervariasi mulai Rp. 24.000,- sampai dengan Rp. 240.000,-

Contact Person : Ibu Suwito alamat Dusun Kromasan Desa Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. HP 08125921120.

This content has been locked. You can no longer post any comment.

Penerimaan CPNSD Kab. Kediri 2014

Liputan UKM