Rabu, 23 April 2014
  • English
  • Mandarin

Kepala Desa Terpilih

200 Dilantik, Seorang Naik Haji

Image
Bupati Sutrisno Melantik 200 Kades Baru
Sebanyak 200 kepala desa yang terpilih pada saat pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap I dan tahap II, Selasa pagi (11/12) dilantik. Pelantikannya dilakukan oleh Bupati Kediri Ir. H. Sutrisno di areal monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Gampengrejo. Sementara seorang kepala desa terpilih tidak bisa dilantik yaitu dari Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo, karena saat ini yang bersangkutan tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah.
 
Bupati Kediri Ir. H. Sutrisno saat melantik para kepala desa tersebut menyampaikan bahwa dimajukannya jadwal pelantikan kades ini merupakan permintaan warga masyarakat agar pemerintahan di tingkat desa segera dapat berjalan dan masyarakat dapat segera mendapat pelayanan. “Saat ini yang dibutuhkan adalah kerja cepat, tandang gawe sing cepet, sehingga masyarakat dapat segera memperoleh pelayanan”, jelas Bupati Sutrisno dihadapan para kepala desa baru.
 ImageBupati berharap kepada para kepala desa yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugasnya, karena bagaimanapun juga digelarnya pilkades ini semata-mata ditujukan untuk peningkatan pelayanan masyarakat. Kepala desa terpilih yang dilantik dari Pilkades tahap I sebanyak 118 kepala desa dan dari Pilkades tahap II sebanyak 82 kepala desa. Sementara itu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bagi 5 wilayah kecamatan di kawasan rawan bencana gunung Kelud, digelar pada 19 Desember 2007 mendatang. 5 kecamatan yang akan menggelar Pilkades tersebut masing-masing Kecamatan Wates, Ngancar, Plosoklaten, Puncu, dan Kepung. Sebanyak 46 desa di 5 kecamatan akan menggelar Pilkades. Tahapan pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 10 Desember 2007 dengan jadwal pendaftaran pemilih, yang kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikutnya.
 
Image5 kecamatan yang akan menggelar Pilkades masing-masing Kecamatan Wates sebanyak 15 desa, Ngancar 10 desa, Plosoklaten 10 desa, Puncu 6 desa, dan Kepung 5 desa. Rencananya pelaksanaan pelantikan bagi Kepala Desa terpilih pada Pilkades susulan ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2008. Menurut Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Kediri Drs. Sigit Rahardjo, Msi.,  dalam pelaksanaan pilkades di Kabupaten Kediri kali ini tentunya tidak menutup kemungkinan adanya permasalahan-permasalahan yang timbul. Untuk itu, lanjut Sigit, bagi pihak yang merasa keberatan terhadap hasil pelaksanaan Pilkades dapat menyampaikan keberatannya melalui prosedur yang ada atau melalui jalur hukum.
 
”Penanganan permasalahan pilkades sudah ada prosedurnya. Kalau itu dirasa tidak cukup, maka dapat menempuh jalur hukum”, tandas Sigit Rahardjo usai menghadiri pelaksanaan pelantikan Pilkades di SLG menanggapi adanya sekelompok orang yang melakukan unjuk rasa di depan kantor DPRD yang menuntut disidangkannya masalah korupsi dan permasalahan pilkades. (ed)

This content has been locked. You can no longer post any comment.