Tuesday, 21 May 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Doa Bersama Umat Hindu Untuk Kabupaten Kediri Aman dan Tentram

hindu 1

Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1215, digelar doa bersama di beberapa tempat ibadah. Jika pagi tadi umat muslim melaksanakan istighosah dan doa bersama di Masjid An Nur, sore harinya umat Hindu menggelar doa bersama di Pura Dewi Ratih, Dusun Sumberjo Desa Jambu Kec. Kayen Kidul (23/3/19).

Turut hadir perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, Kementerian Agama Kabupaten Kediri, serta umat Hindu yang tidak hanya dari Desa Sumberjo saja, tetapi juga dari tetangga desa sebelah.

hindu 2

Acara diawali dengan sambutan oleh perwakilan PDHI Dsn. Sumberjo Marlean. Ia menyampaikan rasa terima kasih karena Dsn. Sumberjo dipercaya sebagai tempat pelaksanaan doa bersama. Ini sekaligus menjadi momen yang bersejarah di Dsn. Sumberjo.

Dilanjut dengan sambutan Bupati Kediri yang disampaikan oleh Plt. Kabag Adm. Pembangunan dan Layanan Pengadaan, Mashudi, SE., MM.

"Di era teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat, Pemerintah Kabupaten Kediri mengajak seluruh pihak untuk menggunakan media sosial dengan bijak, santun dan beradab. Sehingga memiliki manfaat meningkatkan solidaritas bersama anak bangsa, untuk selalu hidup damai, saling menghargai di tengah-tengah perbedaan suku, agama ras dan golongan," katanya.

Perlu diketahui, kerukunan antar umat beragama di Dusun Sumberjo terjalin sangat erat. Ini dibuktikan dengan masyarakatnya yang dapat hidup berdampingan dengan 4 agama yang berbeda.

hindu 3

"Hari ini digelar kegiatan doa bersama yang dilaksanakan serentak oleh seluruh agama yang berbeda di tempat yang berbeda. Marilah kita manfaatkan momen berharga ini untuk merapatkan barisan, mengikis perbedaan, membangun toleransi dan kebersamaan untuk terus maju membangun Kabupaten Kediri, serta yang lebih luas membangun bangsa," lanjutnya.

Sebelum berdoa yang dipimpin oleh perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kediri juga sempat memberikan penjelasan. Dalam agama Hindu diajarkan dan diharapkan untuk ‘bekti ing catur guru’ salah satunya yaitu bekti kepada pemerintah.

"Maka dari itu apapun yang diputuskan oleh pemerintah  jelas tidak melanggar ajaran-ajaran agama. Sebab itu kita wajib melaksanakan tugas dan himbauan yang ditujukan kepada kita. Mendekati agenda Pemilu, mari saling mengingatkan untuk tidak terpecah belah dan gunakan hak pilih, tanpa ada yang golput," katanya.

hindu 4

Dengan sikap tangan Amustikarana, jemaat umat Hindu memanjatkan doa dengan khusyuk nan hikmat. Acara ditutup dengan makan bersama di depan Pura Dewi Ratih. (Kominfo/fz,ans,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh