Monday, 16 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Perkenalan Budaya Kediri Melalui Batik “Lochatara”

lochatara 1

Batik adalah warisan budaya asli dari Indonesia yang telah diakui dunia melalui UNESCO. Batik di Indonesia mempunyai banyak motif. Bahkan setiap daerah memiliki corak yang berbeda-beda, dimana corak yang dituangkan berdasarkan ciri khas daerah masing-masing. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu sumber daya yang dapat menambah penghasilan bagi masyarakat di daerah tersebut. Salah satu pengrajin batik khas daerah di Jawa Timur adalah Batik Lochatara.

Batik Lochatara merupakan salah satu UMKM yang memproduksi batik dengan corak khas daerah, terletak di Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Menurut Bapak Heri selaku pemilik art galeri Lochatara, usaha batik ini berawal dari hobi. Sehingga beliau menjalaninya dengan senang hati dan akhirnya produk yang dirintisnya bisa dikenal sampai ke mancanegara.

lochatara 2

Terdapat tiga teknik batik yang diproduksi yaitu batik cap, batik tulis, dan batik jumput. Corak yang dituangkan dalam batik Lochatara diangkat dari budaya lokal Kabupaten Kediri, seperti monumen Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, Jaranan, dan masih banyak lagi. Untuk pemasaran batik dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, di akun @batik_lochatara_kediri.

Selain itu Pak Heri juga menerima pesanan batik sesuai selera pembeli dari daerah lain. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari harga Rp. 120 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari tingkat kerumitan motif batik yang diproduksi. Jika Anda berminat untuk membeli atau memesan batik produksi dari galery Lochatara, bisa langsung menghubungi nomor 081259711117.

lochatara 3

Dengan dituangkannya motif budaya lokal pada batik Lochatara, diharapkan potensi daerah di Kabupaten Kediri bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas hingga mancanegara. (Kominfo/tan,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh