Monday, 16 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Indahnya Kerukunan Umat Beragama di Desa Besowo

Pemerintah Desa (Pemdes) Besowo, Kecamatan Kepung dukung masyarakatnya agar hidup harmonis, menjaga kerukunan antar umat beragama menjadi tanggung jawab bersama. Kades Mariono dan perangkat desa menunjukkan tempat ibadah gereja dan masjid di Besowo yang berdampingan.

Di tengah maraknya kasus konflik di Indonesia belakangan ini, ternyata banyak contoh sikap-sikap toleransi umat beragama yang patut dijadikan contoh. Meski berbeda keyakinan, mereka saling menghormati dan menghargai. Hal inilah yang terlihat di Desa Besowo kerukunan antar umat beragama masih sangat kentara.

“Setiap hari besar keagamaan, disini warganya selalu saling membantu,” kata Kepala Desa Besowo Sumariono (25/12).

Kades yang akrab disapa Mariono itu menyampaikan, bahwa selama ini masyarakat di desanya hidup harmonis, bersanding antara satu umat dengan umat yang lain. Gotong royong merupakan satu hal yang sudah biasa dilakukan warga. Tak memandang perbedaan satu dengan yang lain, setiap acara selalu berjalan lancar.

rukun 2

“Semua terlibat dalam setiap acara hari besar keagamaan, khususnya pemuda desa,” tambah pak Kades.

Acara yang dimaksud adalah upacara keagamaan seperti arak-arakan ogoh-ogoh menjelang hari raya Nyepi, ibadah ketika hari raya Natal dan Paskah, juga hari besar keagamaan umat Islam saat Idul Fitri dan Idul Adha. Menurut Mariono, semua masyarakat di desa berpenduduk sekitar 7.500 jiwa ini bisa saling gotong-royong, semua agama ikut berpartisipasi untuk menyukseskan acara. Termasuk untuk pemeluk agama Katolik, Budha dan penghayat kepercayaan Sapta Darma.

“Saat takbir keliling, umat lain ikut menjaga keamanan, pun sebaliknya ketika pawai ogoh-ogoh dan Natal, umat Islam pun juga membantu mengamankan jalannya prosesi tersebut,” terangnya.

Salah satu bukti terlihat yang ada di desa yang terletak tepat di lereng Kelud sebelah utara itu adalah keberadaan tempat ibadah yang berdampingan. Dimana gereja utama desa berada tepat didepan Masjid besar Desa Besowo. Tak jauh dari 2 tempat ibadah tersebut tepatnya 100 meter dari Masjid, juga terdapat Pura Agung yang merupakan pura terbesar di Besowo.

rukun 3

Mariono berpendapat, bahwa toleransi tersebut sangatlah penting dilakukan, karena dengan kerukunan akan terjalin hubungan yang baik di lingkungan masyarakat. Termasuk kerukunan antar pemuda lintas agama dalam satu desa. Besowo sendiri terbagi atas 8 dusun. Dari pihak desa kerap melakukan pembinaan kepada Karang Taruna di Besowo. Pasalnya keberadaan mereka sangatlah membantu dalam berlangsungnya sistem pemerintahan desa.

“Kalau tidak ada karang taruna ya setimpang, soalnya kalau ada kegiatan desa selalu karang taruna yang membantu dan ikut menyukseskan acara,” sebutnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Desa Besowo selalu mendukung penuh semua acara dan kegiatan keagamaan demi menjaga keharmonisan antar umat disana. (Kominfo/lks,tj,wk)

Pemeluk Agama di Desa Besowo (jiwa)

Islam: 6.930

Kristen: 339

Hindu: 498

Katoliik: 2

Budha: 1

Penghayat Kepercayaan Sapta Darma: 7

Tempat Ibadah

Masjid: 12

Pura: 4

Gereja: 3

Sanggar: 1

Add comment


Security code
Refresh